bdadinfo.com

Demi Atasi Permasalahan Banjir Rob, Jalan Tol ‘Unik’ Ini Terus Diupayakan Pembangunannya Agar Segera Rampung: Tak Ingin Rugi Besar-besaran Lagi  - News

Demi Atasi Permasalahan Banjir Rob, Jalan Tol ‘Unik’ Ini Terus Diupayakan Pembangunannya Agar Segera Rampung: Tak Ingin Rugi Besar-besaran Lagi  (ekon.go.id)

Jalan tolunik’ di Jawa Tengah terus diupayakan penyelesaiannya.

Pasalnya, jalan tol tersebut punya manfaat untuk mengatasi permasalahan banjir rob yang kerap menyebabkan kerugian besar bagi pemerintah dan warga sekitar.

Selain itu, layaknya jalan tol pada umumnya jalan tol tersebut juga bermanfaat meningkatkan konektivitas antardaerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Jika Konstruksi Jalan Tol Semarang - Demak Rampung Cepat, Kemacetan di Jalan Pantura Jawa Bakal Teratasi: Ekonomi Jawa Tengah Siap Meroket

Tol di Jawa Tengah yang dimaksud tersebut adalah pembangunan ruas tol Semarang – Demak sepanjang 26,84 km.

Dengan hadirnya jalan tol yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut maka jalur logistik di Utara Jawa akan semakin membaik.

Hal ini karena jalan tol Semarang – Demak memiliki peran vital sebagai jalur logistik di wilayah tersebut.

Baca Juga: Lengkapi Konektivitas Jaringan Jalan di Jawa Tengah Bagian Utara, Tol Semarang - Demak Jadi Penghubung Macam-macam Kawasan Strategis Berikut Ini 

Jalan tol tersebut terdiri atas porsi investasi BUJT pada ruas Sayung - Demak sepanjang 16,31 km yang berada di daratan dan telah beroperasi sejak 25 Februari 2023.

Kemudian untuk porsi Pemerintah pada ruas Semarang - Sayung sepanjang 10,64 km yang berada di atas laut dan terbagi menjadi 3 paket.

Saat ini dalam tahap konstruksi dengan progres fisik secara keseluruhan mencapai 9,25 persen.

Baca Juga: Jalan Tol yang ‘Melayang’ di Atas Laut Progres Pembangunannya Baru 9 Persen, Warga Jawa Tengah Harap Bersabar: Proyeknya Baru Bisa Tuntas pada… 

Target penyelesaian konstruksi keseluruhan Paket tersebut adalah pada Februari 2027.

Dengan adanya pembangunan jalan tol yang terintegrasi dengan tanggul laut ini, diharapkan bisa menjadi solusi sementara mengenai permasalahan banjir rob.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat