bdadinfo.com

Maksimalkan Efisiensi Konektivitas Demi Acara 17 Agustus, Selain Jalan Tol Akses IKN Pemerintah Siapkan Infrastruktur Lain dengan Biaya Rp498 Miliar  - News

Maksimalkan Efisiensi Konektivitas Demi Acara 17 Agustus, Selain Jalan Tol Akses IKN Pemerintah Siapkan Infrastruktur Lain dengan Biaya Rp498 Miliar  (binamarga.pu.go.id)

– Menjelang acara perayaan upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024 mendatang yang rencananya akan dihelat di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, sejumlah infrastruktur pun dikebut pengerjaannya.

Selain berfokus pada pembangunan Jalan Tol Akses IKN, pemerintah juga telah menyiapkan infrastruktur pendukung lainnya demi memaksimalkan efisiensi konektivitas di IKN.

Tak tanggung-tanggung, biaya yang digelontorkan untuk membangun infrastruktur tersebut mencapai Rp498 miliar.

Baca Juga: Selain Progres Konstruksi Jalan Tol, Menteri PUPR Juga Tinjau Pembangunan Jembatan Senilai Rp471 Miliar di IKN: Mampu Pangkas Waktu dari 4 Jam Jadi… 

Belum lama ini, rombongan PUPR dan Komisi V DPR RI melakukan peninjauan pembangunan Jalan Tol Akses IKN.

Tepatnya yang berada di Seksi Simpang Tempadung - Jembatan Pulau Balang (Tol 5A).

Berdasarkan penuturan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Rachman Arief Dienaputra, Jalan Tol akses IKN sepanjang 27 KM akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda (Balsam) tepatnya di KM 8 Kariangau.

Baca Juga: Ditemukan Kendala dalam Konstruksi Tol IKN, Menteri PUPR Jauh-jauh Datang Demi Pantau Progres Pengerjaan: Siap Fungsional Agustus 2024? 

Dengan terhubungnya dua ruas jalan bebas hambatan ini, pengguna tidak perlu melewati Tol Balsam hingga KM 33.

Pengguna jalan tol dapat langsung menuju Sepaku dan masuk ke IKN Nusantara.

"Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan menuju IKN Nusantara diperkirakan mencapai 71 menit. Akses Jalan Tol ini nantinya akan digunakan untuk kegiatan upacara 17 Agustus 2024," kata Arief saat mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI ke IKN Nusantara, di Kalimantan Timur.

Baca Juga: Konstruksi Tol IKN Melesat Dikejar Target! Nyambung Terus ke Tol Balsam, Progres 3 Seksinya Sudah Signifikan: Ada Temuan Kendala Jadi Masalah Besar? 

Sebagai informasi, pembangunan jalan tol IKN Nusantara ini tengah dikebut pengerjaannya.

Pembangunannya terdiri dari 3 (tiga) Seksi yaitu:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat