bdadinfo.com

BRIN Jalani Kerja Sama dengan IBM untuk Mendukung Kemajuan Riset dan Inovasi di Indonesia - News

BRIN Jalani Kerja Sama dengan IBM untuk Mendukung Kemajuan Riset dan Inovasi di Indonesia (brin.go.id)

- Kesimpulan bahwa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjalani kerjasama bersama International Business Machines Corporation (IBM) dalam rangka mendukung kemajuan riset dan inovasi di Indonesia.

Dilansir dari brin.go.id, Kepala OREI (Organisasi Riset Elektronika dan Informatika) BRIN Budi Prawara menegaskan, upaya BRIN untuk senantiasa meningkatkan sistem teknologi informasi, khususnya terkait aktivitas riset.

Kerjasama yang dilakukan oleh BRIN dan IBM berfokus pada beberapa aspek yang terkait dengan platform arsitektur seperti: repositori dan pemrosesan, Kecerdasan Buatan (AI), dan transfer data. Ia melihat, IBM sebagai partner kolaborasi yang sangat mumpuni di bidang teknologi informasi.

Baca Juga: Liga Champions 2022/23, Prediksi Eintracht Frankfurt vs Napoli: Line Up, Head to Head, dan Skor

Selain sebagai institusi bisnis yang berpengalaman di bidang teknologi, IBM juga memiliki pusat penelitian dan pengembangan. “Harapannya, bukan hanya pemanfaatan teknologi dari IBM tapi ada joint development juga,” paparnya.

Budi percaya pengelolaan data yang baik seperti kemudahan akses dan pemanfaatan data oleh peneliti, tentunya akan membuat aktivitas penelitian semakin menyenangkan dan nyaman. Faktor keamanan dan kecepatan data juga sangat krusial di tahun-tahun mendatang.

Dia menerangkan, OREI BRIN terdiri dari enam pusat penelitian yang memiliki bidang-bidang potensial dalam pengembangan kerja sama dengan IBM, seperti pembangunan arsitektur untuk field station, biometrik, juga repositori dan pengolahan data genomik di bidang bioinformatika. "Dalam waktu dekat akan kita diskusikan lebih detail," terangnya.

Baca Juga: IPH Padang Panjang Turun dari Minggu Lalu pada Angka 2,18 Persen

Presiden Direktur PT IBM Indonesia Roy Kosasih menyampaikan tujuan IBM yang ingin berkolaborasi dengan BRIN dalam memajukan riset dan inovasi di Indonesia.

Menindaklanjuti pertemuan sebelumnya dengan Kepala BRIN, Roy melihat adanya kemungkinan pengembangan ataupun transfer teknologi di antara keduanya, khususnya dengan OREI yang memang erat bidang keilmuannya pada bidang teknologi informasi.

Dirinya percaya kebutuhan BRIN berpadu dengan pengalaman IBM selama puluhan tahun di bidang digitalisasi akan mampu memperkuat kinerja riset saat ini. "IBM adalah salah satu yang pertama dalam mengembangkan AI," serunya.

Terkait konsep Work from Anywhere (WFA) yang BRIN terapkan sekarang pun ia nilai sangat sesuai dengan teknologi Hybrid Cloud IBM. Hybrid cloud memungkinkan pekerjaan tidak terpaku pada satu tempat, melainkan dari mana saja.

Indonesia sendiri menurutnya cocok dengan konsep hybrid cloud, dimana penggunaan cloud computing dapat ditempatkan di kantor, tetapi pada saat bersamaan bisa diakses dari banyak lokasi. “Selain itu juga ada cyber security, data AI, ini kita coba bantu bersama-sama demi kemajuan BRIN,” katanya.

Sebagai informasi, penjajakan kerja sama ini merupakan tindak lanjut pertemuan pimpinan IBM dengan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko.

Turut hadir pada pertemuan kali ini para Kepala Pusat Riset (PR) di lingkungan OREI, yaitu PR Telekomunikasi, PR Elektronika, PR Sains Data dan Informasi, PR Kecerdasan Artifisial dan Keamanan Siber, PR Komputasi, dan PR Mekatronika Cerdas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat