bdadinfo.com

Banjir Bandang di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan Rendam Puluhan Hektar Sawah dan Puluhan Rumah Hanyut - News

Bencana banjir bandang melanda Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan (Instagram sumsel_terupdate)

- Bencana banjir bandang kembali menimpa masyarakat Indonesia tepat di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan.

Banjir bandang di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan ini sudah terjadi sejak hari Kamis tanggal 9 Maret 2023.

Banjir bandang ini terjadi akibat air Sungai Lematang yang meluap. Banjir ini diketahui telah berdampak pada puluhan rumah warga dan puluhan hektar sawah juga ikut terendam.

Baca Juga: Silaturahim dengan Kepala Jorong se Tanah Datar, Ini Amanat Khusus Bupati Eka Putra

Lokasi banjir bandang ini tepatnya terjadi di Desa Lubuk Sepang Kecamatan Pulau Pinang. Gubernur Sumatera Selatan juga telah mengunjungi lokasi kejadian banjir bandang ini.

"Memang betul bahwa Sungai Lematang meluap dari Sungai Lim mengalir ke Desa Lubuk Sepang ini. Ada dua bangunan SD, tiga lokal kali dua, ada PAUD, empat rumah hanyut dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Selain itu, ada juga di Kecamatan lain, di Mulak Sebingkai ada 25 rumah hanyut," ujar Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru pada hari Kamis tanggal 9 Maret 2023.

Baca Juga: Fakta Fakta Sudarman Harjasaputra yang Kamu Tak Tahu: Dulu Petugas Ukur, Hobi Lari sampai Isu Mafia Tanah

Kurang lebih ada 25 rumah yang hanyut dan 40 hektar sawah juga ikut terendam air karena bencana banjir bandang ini. Banjir bandang ini juga nantinya akan menyebabkan para petani mengalami gagal panen.

Kepala Penanganan Kedaruratan BPBD Sumatera Selatan juga menyebutkan bahwa ada ratusan keluaga yang terdampak banjir bandang ini.

"Data sementara wilayah terdampak banjir Lahat, Pasar bawah 120 KK dan Sukaratu 56 KK; Pulau Pinang Desa Lubuk Sepang; Kikim Selatan, Desa Banu Ayu; Kikim Timur Desa Gunung Kembang dan Desa Patikal Baru; Jarai Desa Nanti Giri dan Mulak Sebingkai, Desa Keban Agung lima rumah. Untuk sementara, nanti dikabari lagi yang terbaru," ucap Ansori Kepala Penanganan Kedaruratan BPBD Sumatera Selatan.

Baca Juga: Silaturahmi Bersama FKKJ, Bupati Eka Putra Harapkan Progul Pemkab Tanah Datar Gencar Disosialisasikan

Sampai Jumat pagi tanggal 10 Maret 2023, wilayah Kabupaten Lahat masih diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.***


Terkini Lainnya

Tautan Sahabat