bdadinfo.com

Arab Saudi Jadi Negara Dermawan saat Bulan Ramadhan, Mampu Galang Dana 1 Miliar Riyal - News

Arab Saudi Jadi Negara Dermawan saat Bulan Ramadhan, Mampu Galang Dana 1 Miliar Riyal (arabnews.com)

- Bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah telah tiba, dan para muslim di seluruh dunia menyambutnya dengan penuh sukacita. 

Meskipun bulan Ramadhan dikenal dengan ibadah puasa, namun bagi umat muslim, Ramadan memiliki makna yang lebih dari sekadar berpuasa. 

Bulan suci ini melambangkan pahala, introspeksi, kehormatan, kemurahan hati, dan pengorbanan.

Baca Juga: Seperti Indonesia, Awal Ramadhan di Arab Saudi Jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023

Puasa di siang hari dan salat tarawih di malam hari memberikan energi spiritual kepada umat muslim untuk menjalani kehidupan baru yang bermanfaat bagi seluruh umat manusia, membuka babak baru perdamaian dan kemajuan.

“Rasulullah SAW bersabda, siapa saja yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan harapan akan mendapatkan pahala, maka Allah akan mengampuni seluruh dosa-dosanya yang telah lalu. Dan siapa saja yang melakukan ibadah pada malam Lailatul Qadar karena iman dan harapan akan mendapatkan pahala, maka Allah akan mengampuni seluruh dosa-dosanya yang telah lalu,” bunyi dalam sebuah hadits yang dilaporkan Abu Hurairah.

Pada hari Rabu, 22 Maret 2023, Saudi Press Agency melaporkan bahwa Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman bertukar pesan ucapan selamat dengan para pemimpin negara-negara Islam di awal bulan Ramadhan.

Baca Juga: Arab Saudi Mulai Puasa 23 Maret 2023, Kepala Astronom: Bulan Sabit tidak Terlihat Hari Ini

Pahala dari memberikan zakat atau sedekah selama Ramadhan akan dilipatgandakan, sehingga umat muslim harus memastikan memberikan lebih banyak kepada mereka yang membutuhkan selama bulan suci ini.

Tahun 2022, di Arab Saudi, kampanye amal nasional Ehsan menerima lebih dari SR 300 juta (USD 79 juta) dalam bentuk donasi. 

Selama kampanye Ramadhan pertama pada tahun 2021, raja dan putra mahkota melakukan beberapa donasi melalui Ehsan. 

Mereka mampu menggalang dana pada platform ini mencapai total hingga SR 1 miliar.

Ramadhan adalah saat yang sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Bulan suci ini menjadi momen untuk meningkatkan kebaikan hati, bersama dengan kesederhanaan dan pengorbanan diri untuk mengejar keridhaan Allah SWT. 

Bulan Ramadhan selalu diidentikkan dengan puasa bagi umat Muslim. Namun, selain menjalankan ibadah puasa, di bulan ini pula terdapat kegiatan amal yang biasa dilakukan, yakni sedekah dan berbagi makanan untuk berbuka puasa, atau disebut iftar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat