bdadinfo.com

Jelang Mudik Lebaran 2023, Menhub Beri Sanksi Maskapai Penerbangan yang Naikan Tarif Seenaknya - News

Jelang Libur Lebaran 2023, Menhub Beri Sanksi Maskapai Penerbangan yang Naikan Tarif Pesawat Seenaknya/ Kemenhub


- Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi telah memperkirakan masyarakat yang melakukan mudik pada lebaran 2023 akan meningkat.

Tentu hal untuk kenyamanan perjalanan mudik, Menhub meminta maskapai penerbangan tidak menaikan tarif seenaknya pada saat musim libur Lebaran 2023 dan akan memberikan sanksi jika melakukan hal tersebut.

Karena pada dasarnya saat menaikan tarif pesawat memiliki aturan Tarif Batas Atas (TBA) yang haris diikuti oleh setiap maskapai penerbangan.

Baca Juga: Hadap-hadapan dengan Jokowi di Istana, Puan Maharani Sebut Pertemuan 'Serba 2', Bahas Apa?

"Ada hal yang penting sampaikan kepada operator tolong jangan menaikkan tarif sewenang-sewenang. Kita tahu saudara kita butuh mudik, libur, operator supaya kooperatif jangan manikkan tarif yg berlebihan," kata Menhub saat konfrensi pers, dilansir Okezone pada 25 Maret 2023.

Budi juga menegaskan, jika maskapai penerbangan menaikan tarif melebihi TBA, pihaknya akan menegurnya dan tidak segan-segan akan langsung memberikan sanksi.

"Operator supaya kooperatif jangan manikkan tarif yang berlebihan kita ada batas atas apabila melampaui batas atas kami akan tegur dengan sanksi-sanksi yang tegas," katanya.

Baca Juga: Tradisi Balimau di Nagari Talang Tangah Tanah Datar Berpotensi Masuk Kalender 'Satu Nagari Satu Event'

Ia juga mengatakan bahwa saat libur lebaran nanti Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi sangat sibuk dan padat.

Maka untuk mengantisipasi hal tersebut akan dilakukan penambahan jam operasi sehingga tersedia jumlah penerbangan yang lebih.

“Kita menambah jam operasi bandara yang tadinya katakanlah sampai jam 4 kita suruh sampai jam 8, seperti Soetta harus 24 jam supaya rotasi pesawat memang bergerak lebih maksimal. Kalau biasanya cuma katakanlah 6 flight, 8 flight bisa lebih sehingga jumlah yang diangkut lebih besar,” ungkapnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat