bdadinfo.com

Ketahui 6 Istilah Bulan Ramadhan dalam Bahasa Inggris Ini, Biar Nggak Salah Kalau Bikin Caption Instagram - News

Ilustrasi (freepik.com/pikisuperstar)




- Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang dirayakan oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali di negara-negara berbahasa Inggris seperti UK (Inggirs Raya) dan Amerika.

Karenanya, pasti terbentuk istilah-istilah yang umum dipakai di bulan Ramadhan dalam Bahasa Inggris, baik itu serapan dari Bahasa Arab ataupun Bahasa Inggris resminya.

Istilah-istilah ini populer digunakan oleh umat muslim di luar sana untuk menyebutkan berbagai aktivitas yang khas di bulan Ramadhan. Beberapa di antaranya bahkan mirip dengan Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Sebut Erick Thohir Sebagai 'Bestie', Begini Jejak Kedekatan Zulhas dengan Menteri BUMN

Bagi kalian yang ingin berkomunikasi dengan mereka atau ingin membuat caption Instagram dengan Bahasa Inggris tetapi tidak mengetahui istilahnya, simak artikel ini, yuk!

1. Ramadan

Di Indonesia istilah ini lebih dikenal dengan Ramadhan, dengan h ditengahnya. Di dalam Bahasa Inggris, bulan suci ke-9 bagi umat muslim ini disebut sebagai Ramadan.

Contoh frasa yang paling sering digunakan dengan kata ini adalah “The holy month of Ramadan” yang artinya bulan suci Ramadhan.

Namun, sebenarnya, dalam KBBI, Ramadan merupakan Bahasa Indonesia bakunya, loh. Sedangkan yang meggunakan h di dalamnya adalah Bahasa non-formal. Kalian tahu tidak?

Terdapat juga istilah Ramadan Kareem (Ramadhan murah hati) yang digunakan sebagai sapaan untuk mendoakan seseorang agar Ramadhan memberikan kebaikan kepadanya.

Baca Juga: Kim Seon Ho Adakan Fanmeeting di Jakarta, Simak Berikut Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Beli Tiket

2. Suhoor/pre-dawn meal

Istilah suhoor sangat sering digunakan oleh umat muslim yang berbahasa Inggris. Dalam Bahasa Indonesia, kita lebih mengenalnya dengan sahur.

Sama seperti dalam Bahasa Indonesia, istilah ini diserap dari Bahasa Arab سحور (suḥūr) yang artinya makanan yang dikonsumsi sebelum subuh di bulan puasa.

Banyak juga yang menyebut aktivitas ini dengan pre-dawn meal ­atau makanan sebelum subuh.

Contoh kalimat yang dapat digunakan dengan ini adalah “We ate rendang for suhoor/pre-dawn meal.”

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Ramadhan di Kota-Kota Sumatera Barat Hari ini, 28 Maret 2023

3. Fast/fasting

Fast atau fasting adalah kegiatan menahan lapar dan haus dan nafsu lainnya atau yang biasa kita sebut dengan puasa. Memang memiliki arti lain, namun fast di sini bukan berarti cepat, ya.

Contoh kalimat yang dapat dipakai: “I’m fasting right now, so I can’t eat that.”

4. Iftar/break the fast

Iftar merupakan kata serapan dari Bahasa Arab yang artinya berbuka puasa. Istilah ini juga dikenal di Indonesia walaupun jarang digunakan.

Selain iftar, kita juga dapat menggunakan kata break the fast yang memiliki arti yang sama. Jangan tertukar dengan kata breakfast yang berarti sarapan.

Jika ingin mengatakan “selamat berbuka puasa” dalam Bahasa Inggris, dapat digunakan “Happy iftar!” atau jika ingin mengatakan “ayo buka puasanya” dapat menggunakan “Let’s break the fast.”

5. Alms

Alms merujuk kepada uang, makanan, atau barang lain yang diberikan kepada yang kurang mampu. Kata ini lebih dikenal sebagai zakat atau sedekah di Indonesia. Orang muslim berbahasa Inggris juga banyak yang menyebutnya hanya sebagai zakat.

Contoh kalimat yang menggunakan kata ini adalah “We give alms to the poor during Ramadan” yang artinya kita memberikan zakat/sedekah ke orang yang kurang mampu saat Ramadhan.

6. Eid Mubarak/ Eid Al-Fitr

Juga diambil dari Bahasa Arab, Eid Mubarak memilki arti “perayaan penuh berkah” yang merujuk kepada hari lebaran Idul Fitri. Dapat juga digunakan kata Eid Al-Fitr yang artinya hari raya Idul Fitri.

Contoh penggunaan kata tersebut adalah “We will celebrate eid Mubarak/eid al-fitr in two weeks” atau kita akan merayakan lebaran Idul Fitri dalam dua minggu.

Nah, itulah 6 contoh istilah-istilah bulan Ramadhan dalan Bahasa Inggirs. Yuk, segera pakai agar tidak lupa!***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat