bdadinfo.com

Tak Seindah Rencana, Pedagang Motor Listrik Sebut Belum Ada Kejelasan Tentang Subsidi - News

Ilustrasi motor listrik subsidi (pexel@JanVanDerWolf)

- Rencana pemerintah untuk mengoptimalkan penggunaan motor listrik sebagai bentuk peralihan ke energi terbaharukan terkesan masih belum ada kejelasan.

Sebab rencana untuk memberikan subsidi kepada pembeli sepeda motor listrik sebesar Rp7 juta per unit masih mengalami kendala. Salah satunya adalah belum adanya kejelasan yang bisa memberikan kepastian pada pedagang.

Ketidakpastian yang dirasakan pedagang tersebut tidak terlepas dari realitas yang mereka alami. Dimana pedagang motor listrik yang sudah mendaftarkan diri kepada Kementerian Perindustrian belum mendapatkan jawaban dari instansi terkait.

Baca Juga: Gedung Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Terbakar, Api Diduga dari Lantai 2

Baca Juga: Begini Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark HD

“Kita sudah melakukan yang namanya pendaftaran sistem di kementerian peridustrian itu kalau by sistem sih ada, cuman dari kementerian sendiri belum ada feedback dari kementerian,” ucap Kevin, pedagang motor listrik di Jakarta, dikutip dari Youtube CNBC.

Tidak hanya dari Kementerian, dari KTPM maupun dealer resmi juga belum ada yang memberikan feedback. Sehingga pengecekan malalui sistem masih belum bisa dilakukan.

Dari keterangannya, sebutulnya dari segi syarat penerima sudah ada, yakni UMK dengan KUR, penerima BPOM dan listrik rumah antara 450 sampai 900 watt.

Namun disisi lain, ia menyampaikan bahwa sudah ada dealer yang bisa melakukan pengecekan melalui sistem. Tapi mereka tetap menarik DP dari konsumen antara Rp100 ribu hingga Rp1 juta.

“Banyak juga sih dari dealer-dealer yang lain yang mengaku sudah bisa pengecekan, itu syaratnya hanya NIK. Dan mereka menarik DP dari masyarakat, tergantung ada Rp100 ribu-Rp1 juta.” jelasnya.

Hanya saja jika sudah dilakukan pengecakan dan datanya itu diterima, maka ada yang DP nya itu dikembalikan tergantung dealenya masing-masing.

Baca Juga: Solusi Tepat untuk Bisnis Anda: Jasa Pembuatan Website Murah dan Berkualitas!

Baca Juga: Diduga Terima Suap Pengadaan Umroh,Bupati Kepulauan Meranti Riau Ditangkap KPK

Dia pun mengingatkan untuk masyarakat atau calon pembeli sepeda motor listrik untuk bisa lebih cerdas lagi dalam membeli motor listrik subsidi tersebut.

Tak hanya mengingatkan calon pembeli, ia pun mengingatkan kepada pemerintah untuk bisa merealisasikan program motor listrik subsidi itu dengan adanya kejalasan dan kepastian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat