bdadinfo.com

Dua Titik Rawan Saat Mudik Lebaran 2023, Pemudik Disarankan Lakukan Perjalanan Lebih Awal - News

Menteri Perhubungan Antisipasi Dua Titik Rawan Saat Mudik Lebaran 2023

- Mudik Lebaran hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah tahun ini merupakan momentum yang dinantikan setelah beberapa tahun lalu masyarakat tidak diperbolehkan untuk berkumpul dengan keluarga karena covid-19.

Jangan sampai momen mudik lebaran tahun ini membuat mood para pemudik rusak karena terkena macet diperjalanan.

Mudik lebaran tahun ini mempunyai dua potensi titik kemacetan. Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, yaitu jalur tol Cikampek - Palimanan (Cipali) dan Merak.

Baca Juga: Rekomendasi Kopi Enak Saat Nongkrong di Kafe, Nomor 3 Paling Favorit!

"Ada beberapa titik-titik kemacetan yang mungkin terjadi paling tinggi itu adalah Cipali. Kedua di Merak. Tapi di Merak memang sudah ada tambahan Ciwandan, rekan-rekan yang akan mudik kami anjurkan untuk mudik lebih awal," ujar Budi Karya, Jakarta, Jumat 7 April 2023.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pernah menyampaikan dibukanya fungsional penuh Tol Cisumdawu menuju Cirebon.

Ini bisa juga menyebabkan kemacetan, terutama saat pertemuan di dua titik ruas tol. Antara Cisumdawu dan Cipali yang mengarah ke jalur Tol Trans Jawa adalah di KM 152+200 Tol Cipali.

Titik temu ini dikenal dengan sebutan Junction Dawuan yang masuk ke wilayah Kabupaten Majalengka. Junction Dawuan merupakan konstruksi simpang susun.
Jalan tol yang menghubungkan ruas Tol Cipali, Tol Cisumdawu, dan akses Tol menuju Bandara Kertajati.

Baca Juga: TWK Cantik Ini Diminta Layani Kakak Majikannya dengan Embel-embel Bonus Rp5 Juta

Bersamaan dengan itu, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja mengatakan saat ini Ditjen Bina Marga tengah fokus pada penanganan dan perbaikan pada beberapa ruas.

Seperti akses Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan, jalur Pantura, dan penggantian Jembatan Callendar Hamilton yang berada di Trans Jawa.

"Untuk penanganan akses jalan menuju Pelabuhan Merak berupa pelebaran dan penataan bahu jalan Cikuasa Bawah dan Atas. Penanganan Cikuasa Bawah sepanjang 500 m saat ini progresnya mencapai 40 %dan Cikuasa Atas 980 m progres saat ini 65 %," ungkap Endra, Jumat 7 April 2023.

Untuk akses ke Pelabuhan Ciwandan yang menjadi alternatif dermaga tambahan untuk melayani penyeberangan Jawa-Sumatra.
Endra menerangkan, pemerintah kota Cilegon melakukan perbaikan dan pengaspalan jalan dan jembatan pada Jalan Aat Rusli.

"Jalan menuju Ciwandan dapat melalui jalan nasional Raya Anyer dengan kemantapan jalan 90%. Saat ini sedang dilakukan pelebaran bahu jalan selebar 2 m kiri dan 2 m kanan dari Cilegon ke Pasauran sepanjang 5,8 km," lanjut Endra.

Basuki menyerahkan operasional Tol Cisumdawu kepada Korlantas Polri. Dengan harapan adanya beberapa ruas Tol Cisumdawu yang beroperasi secara fungsional bisa mengurai kemacetan dan penumpukan kendaraan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat