bdadinfo.com

Berikut Daftar 11 Tol yang Gratis dan Dibuka Selama Lebaran 2023 - News

Berikut Daftar 11 Tol yang Gratis dan Dibuka Selama Lebaran 2023/ Sindonews


- Sebanyak 11 ruas tol fungsional akan dioperasikan guna mendukung kelancaran arus mudik lebaran 2023 dan kabar baiknya tidak dipungut biaya atau gratis.

Hal ini telah ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang terdiri dari 7 ruas tol baru di pulau Jawa, dan 4 ruas tol baru di Sumatera dengan total panjang 222 Km.

Kondisi tol fungsional masih dalam proses kontruksi karena ini dijadikan fungsi alternatif sementara untuk membagi volume lalulintas apabila ada kepadatan di ruas tol. Berikut daftar 11 tol gratis yang akan dibuka selama lebaran 2023 dilansir dari Okezone.

Baca Juga: Menteri Basuki Pastikan Bangun Rest Area Tambahan di Tol Cipali Guna Antisipasi Arus Mudik Lebaran 2023

1. Ruas tol fungsional di pulau Jawa meliputi Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6 dan ruas Cimalaka–Dawuan sepanjang 28,2 km. Saat ini Tol Cisumdawu Seksi 1,2, dan 3 telah beroperasi normal dengan lebar 4 lajur, sedangkan Seksi 4,5, dan 6 baru akan dibuka secara fungsional.

2. Tol Ciawi–Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 km) dan Tol Solo–Yogyakarta–NYIA Kulon Progo untuk sebagian Seksi 1.1 sepanjang 6,1 km.

3. Ruas Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 dari Simpang Susun (SS) Sadang – SS Kutanegara (28,7 km), Tol Cimanggis–Cibitung Seksi 2A Jatikarya–Cikeas (3,5 km), Tol Pasuruan–Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur–IC Gending (8,6 km), serta tol Cibitung - Cilincing Seksi 4 Taruma Jaya - Cilincing (7,3 Km).

Baca Juga: Jokowi Minta Pelabuhan Merak dan Jalan Tol jadi Perhatian Khusus Mudik Lebaran, Kenapa?

4. Pulau Sumatera terdapat 4 ruas tol berpotensi untuk dibuka fungsional, yakni Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi Segmen Tebing Tinggi–SS Inderapura (28,5 km) dan Segmen Dolok Merawan–Sinaksak (15,6 km), Tol Sigli–Banda Aceh Seksi 5–6 Blang Bintang–Baitussalam (12,7 km), Tol Binjai–Langsa Seksi 2 Stabat–Jalan Proklamasi (7,2 km), Simpang Indralaya–Muara Enim, Seksi Simpang Indralaya–Prabumulih (63,5 km).

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan jalan tol tersebut telah melalui uji kelayakan.

Walaupun fasilitas yang ada belum cukup lengkap seperti jalan tol pada umumnya namun beberapa fasilitas sementara yang telah disiapkan, seperti toilet, warung-warung kecil atau semacam rest area sementara.

"Pada 11 ruas tersebut akan kami siapkan Rest Area sementara dengan fasilitas toilet, mobile BBM dan juga gardu makanan-minuman secara sederhana," ujar Endra dalam keterangan tertulisnya, dilansir Okezone.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat