bdadinfo.com

Waspada! Indeks Sinar UV Indonesia di Level Berbahaya, Begini Tips Menjaga Tubuh dari Paparannya - News

Ilustrasi (BMKG)




- Prediksi BMKG tanggal 25 April 2023, indeks sinar UV di wilayah Indonesia diprediksi mencapai level tertinggi.

Berdasarkan paparan Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah Indonesia tergambar dengan warna oranye dan merah mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Wilayah dengan warna indikator oranye menunjukkan indeks UV berada pada level bahaya tinggi dengan skala 6 hingga 7. Sementara wilayah dengan indikator warna merah berada pada level risiko bahaya sangat tinggi dengan skala 8 sampai dengan 10.

Baca Juga: Honkai: Star Rail Sudah Bisa Di-Download Nih! Cek Yuk Spesifikasi untuk PC, Android, dan iOS

Tingkat paparan sinar UV pada level tersebut berada pada level bahaya tinggi dan bahaya sangat tinggi bagi orang yang terpapar sinar UV tanpa pelindung.

Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah efektif untuk melindungi tubuh dari paparan sinar UV agar tubuh kita utamanya kulit dan mata tidak mengalami kerusakan.

Diantaranya menghindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore dengan tetap di tempat yang teduh pada saat matahari sedang terik.

Kenakan pakaian pelindung yang dapat melindungi diri dari paparan sinar UV, topi lebar, serta kacamata hitam apabila sedang beraktivitas di luar ruangan.

Sinar UV disinyalir dapat menyebabkan katarak dan kerusakan mata, sehingga disarankan menggunakan kacamata dengan lensa yang memiliki lapisan UV filter agar mata dapat terlindungi sepenuhnya.

Baca Juga: Unik, si Hitam Ayam Cemani Asli Indonesia yang Super Menarik!

Jangan lupa oleskan krim pelembab tabir surya dengan SPF 30+ setiap 2 jam bahkan pada hari berawan, setelah berenang, atau berkeringat.

Sunscreen atau tabir surya bisa dioleskan 20 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.

Penggunaan produk skincare serta lotion dengan kandungan SPF minimal 30 pun sangat disarankan untuk menjaga tubuh dari paparan sinar UV

Kemudian hindari juga berada di permukaan yang cerah seperti pasir, air, dan salju, karena akan meningkatkan paparan sinar UV.

Terakhir, untuk mencegah efek dari radiasi sinar UV dapat dilakukan dengan mengonsumsi vitamin serta antioksidan.

Vitamin dan antioksidan dapat memberi perlindungan dari dalam tubuh dan mencegah efek samping dari sengatan sinar UV.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat