bdadinfo.com

Tiga Negara Ajukan Diri sebagai Mitra ASEAN: Upaya Penguatan Kerjasama Internasional - News

Tiga negara mengajukan diri menjadi mitra ASEAN.  (Antara )

Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, Sidharto Suryodipuro ungkap tiga negara telah mengajukan permohonan untuk menjadi mitra Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Tiga negara yang ingin menjadi mitra ASEAN, yakni Arab Saudi, Panama, dan Spanyol, siap menandatangani Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC).

Pengumuman tiga negara yang mengajukan menjadi mitra ASEAN ini disampaikan dalam jumpa pers yang digelar di Jakarta pada Senin, 8 Mei 2023.

Menurut Suryodipuro, Indonesia selaku ketua ASEAN tengah mengkoordinasikan kesiapan ketiga negara tersebut untuk menandatangani perjanjian ini dalam waktu dekat.

Baca Juga: Bocoran Harga dan Seat Plan Konser Coldplay di Jakarta yang Viral di Lini Masa Mulai Rp800 Ribuan, Validkah?

Beberapa negara lain juga telah menyatakan niat mereka untuk menyetujui perjanjian TAC, namun saat ini pejabat tinggi ASEAN sedang fokus membahas kesiapan Arab Saudi, Panama, dan Spanyol.

TAC merupakan perjanjian yang bertujuan menciptakan stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia Tenggara.

Perjanjian ini menetapkan mekanisme penyelesaian konflik secara damai dan pertama kali ditandatangani oleh para kepala negara pendiri ASEAN pada tahun 1976.

TAC kemudian diubah pada tahun 1987 untuk membuka akses bagi negara-negara di luar kawasan agar dapat bergabung.

Baca Juga: Kalender Jawa Hari Ini Rabu 10 Mei 2023 Beserta Neptu, Begini Watak Orang Rabu Legi

Saat ini, ASEAN telah menjalin berbagai kerjasama eksternal dengan mitra negara dialog serta organisasi regional dan internasional lainnya.

Mitra dialog ini diharapkan dapat mendukung pembentukan Komunitas ASEAN, terutama sejalan dengan fokus keketuaan Indonesia untuk ASEAN tahun ini yang mencakup isu-isu terkait Visi ASEAN pasca 2025 menuju ASEAN 2045.

Indonesia mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth” selama keketuaan tahun ini.

Berbagai pertemuan, termasuk KTT ASEAN, diharapkan dapat menghasilkan sejumlah dokumen penting.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat