bdadinfo.com

Khusus Para Wirausaha Bondowoso! Kemenag Buka Stand Pendaftaran Sertifikasi Halal bagi UMKM - News

Khusus Para Wirausaha Bondowoso! Kemenag Buka Stand Pendaftaran Sertifikasi Halal bagi UMKM/ BFI Finance


- Ada kabar gembira khusus para wirausaha Bondowoso karena kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso menggelar stand pendaftaran sertifikasi halal.

Hal ini diharapkan dapat membantu para UMKM khususnya daerah Bondowoso dalam membuat makanan halal untuk masyarakat Indonesia.

Stand ini pun mendapat perhatian penuh dari para pelaku UMKM, karena dapat dilihat dari total pendaftaran yang telah ikut menurut Kepala Kemenag Bondowoso, Ali Masyhur.

Ali menyebutkan total sudah terdaftar sebanyak 149 orang pendaftar dengan jumlah produk mencapai 230 sampai 14 Mei 2023.

Layanan sertifikasi halal ini akan menjadi program prioritas Kemenag yang diadakan selama setahun. Sudah dimulai sejak bulan Maret 2023 hingga Oktober 2024 nanti.

Ali mengatakan Stand tersebut telah disosialisakan saat Car Free Day (CFD) setiap hari minggu, bukan hanya itu saja setiap pelaku UMKM diberikan pendampingan saat melakukan proses pendaftaran.

Baca Juga: Daftar Bupati Cantik Tapi Doyan Makan Duit Rakyat Sampai Masuk Penjara

Ia juga berharap dengan ada program ini semakin mendorong pelaku UMKM untuk mendaftarkan produknya agar sesuai dengan program sertifikasi halal pemerintah.

“Pasalnya, produk yang beredar di pasaran jika tanpa label halal akan dilarang, kecuali olahan daging, karena ada beberapa kriteria yang tidak dipenuhi oleh pelaku usaha,” jelasnya.

Ali juga mengimbau agar lebih memudahkan dalam proses pendaftaran maka sebelumnya harus dilakukan secara online.

Sebagai informasi, organisasi perangkat Daerah lainnya, seperti Dinas Kesehatan, Diskoperindag dan Komisi Fatwa digandeng oleh Kemenag dalam melaksanakan program sertifikasi halal ini. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat