bdadinfo.com

Kebutuhan Program Bayi Tabung terus Meningkat, Bali jadi Kota Ketiga dengan Jumlah Klinik Terbanyak - News

Kebutuhan Program Bayi Tabung terus Meningkat, Bali jadi Kota Ketiga dengan Jumlah Klinik Terbanyak/  (Lakeview Images)


- Maraknya program bayi tabung membuat banyak klinik atau rumah sakit Indonesia menyediakan klinik In Vitro Fertilization (IVF).

Menurut Perhimpunan Fertilisasi In Vitro Indonesia (PERFITRI), total siklus program In Vitro Fertilization (IVF) di Indonesia pada tahun 2021 tercatat mencapai lebih dari 13.000 siklus.

Ada 3 kota di Indonesia yang mengalami peningkatan minat program bayi tabung salah satunya di Bali yang tidak terlepas dari makin banyaknya rumah sakit yang menyediakan klinik IVF.

Menurut Chairman of Bundamedik Healthcare System (BMHS) Ivan Rizal Sini, dilansir dari Sindonews bahwa Kebutuhan program bayi tabung tinggi sekali, termasuk di Bali.

Karena satu dari sepuluh pasutri mengalami infertilitas dan memberikan dampak kesulitan untuk mempunyai keturunan.

Baca Juga: 4 Manfaat Daun Sirih untuk Mata, Bisa Mengobati Peradangan

Bali sendiri merupakan kota ketiga yang memiliki klinik program bayi tabung terbanyak yakni empat, sedangkan kota pertama adalah Jakarta yang saat ini tersedia sembilan klinik.

Sedangkan kota kedua adalah Surabaya yang memiliki lima klinik. Dengan jumlah tersebut Ivan berharap masyarakat Indonesi yang ingin ikut IVF bisa di Indonesia dan tidak perlu ke luar negeri.

"Dengan begitu tidak perlu jauh apalagi sampai keluar negeri dan tentu biaya yang dikeluarkan lebih kecil," ujar Ivan.

Dia juga menjelaskan bahwa program bayi tabung setiap tahunnya mencapai 250 permintaan dan yang paling banyak mengikuti program IVF berasal dari Jakarta, Surabaya dan Bali. ***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat