bdadinfo.com

Menjelang Idul Adha 2023, Inilah 6 Tips Mudah dalam Memilih Hewan Kurban - News

Menjelang Idul Adha 2023, Inilah 6 Tips Mudah dalam Memilih Hewan Kurban/ Getty images (ANGHI)



- Idul Adha 2023 akan segera tiba, seluruh umat islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah kurban.

Karena dengan begitu kita sudah melakuakn amal dan sedekah, karena daging pada hewan kurban akan disembilih dan dibagikan kepada orang yang membutuhkan atau fakir miskin.

Namun saat membeli hewan kurban tersebut tentu tidak bisa dilakukan sembarangan, salah satunya harus sehat dan tidak sakit. Berikut 6 tips mudah untuk memilih hewan kurban dilansir dari dari Sindonews.

1. Pertama pilih hewan kurban berjenis kelamin jantan dan berbadan sehat, tegap, tubuh proporsional, nafsu makan normal dan tampilannya sehat.

2. Berjalan aktif, agresif, pastinya tidak pincang atau lemah.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama, Bisa Sampai 1 Tahun Lho

3. Normalnya hewan kurban yang sehat memiliki mata yang berbinar, hidung basah , bulu di tubuhnya lembut dan mengkilap. Jika ada cacing hati biasanya memiliki bulu kusam, tegak atau kaki, dan kasar.

4. Pastikan tidak ada darah yang keluar dari tubuhnya terutama pada lubang-lubang seperti pada lubang mata, hidung, mulut, telinga, dubur, dan kemaluan

Baca Juga: Bagaimana Hukum Patungan Hewan Kurban? Ternyata Ada Patungan yang Tidak Sah, Ini Penjelasannya

5. Lihat pada kuku diempat kakinya karena harus kuat, utuh dan sehat. Karena hewan yang terkena penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah ada luka seperti sariawan di sekitar mulut, gusi (di sela gigi), lidah sapi, kulit di atas kuku kaki, over salivation (air ludah banyak keluar), demam (suhu tubuh 40-41 derajat celsius), nafsu makan hilang, kaki pincang.

6.Penting melihat lokasi pembelian hewan kurban, hindari membeli hewan kurban di tempat pembuangan sampah, karena hewan bisa saja memakan kertas yang tercemar atau logam berat berbahaya dan partikel marker yang bersifat karsinogenik (penyebab kanker).***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat