bdadinfo.com

Kabar Duka, Seorang Jemaah Haji Embarkasi Padang Meninggal Dunia: Sempat Dirujuk ke Rumah Sakit - News

Sempat dirujuk ke rumah sakit, seorang jemaah haji Embarkasi Padang meninggal dunia

—Kabar duka datang dari Embarkasi Padang. Seorang jemaah haji kloter 05 asal Kota Padang Panjang meninggal dunia, Rabu sore (14/6).

Diketahui jemaah tersebut bernama Nursiah Binti Said Kundu (84), nomor manifest 317. Ia meninggal satu hari setelah pulang dari rumah sakit.

Plh. Kabid PHU, Zilwadi mengatakan, almarhumah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang setelah tiba di Asrama Haji bersama jemaah kloter 05.

Baca Juga: Embarkasi Padang Telah Berangkatkan Delapan Kloter Jemaah Haji, Dua Kloter Berasal dari Bengkulu

“Nursia merupakan jemaah Kota Padang Panjang yang dimutasi Provinsi Pandeglang Banten. Tim dokter menyatakan almarhumah awalnya mengalami sesak nafas dan dirujuk ke rumah sakit,” ujar Zilwadi.

Dikatakan Zilwadi, Nursia meninggal dan disemayamkan di rumah anaknya di Kampung Tangah, Sunur Tengah, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman. Ia meninggal pada Rabu, 14 Juni 2023 pukul 17.30 WIB.

Saat dikonfirmasi ke tim Kesehatan Embarkasi Padang, Kepala KKP melalui Dokter Darwin membenarkan kabar duka ini. Namun almarhum berpulang setelah pulang dari rumah sakit.

Baca Juga: Karena Kondisi Ini, Layanan Katering untuk Jemaah Haji di Makkah Akan Berhenti Sementara

“Jemaah atas nama Nursiah ini dirujuk dari klinik kesehatan Asrama Haji Embarkasi pada tanggal 8 Juni dan dipulangkan dari rumah sakit pada tanggal, 13 Juni,” ungkapnya.

Setelah dirawat kata Darwin, tim dokter rumah sakit, M Djamil mendiagnosa Nursiah menderita Ca Mamae Post Mastektomi (kanker payudara). Dan yang bersangkutan sudah pernah melakukan operasi.

Salah seorang perawat M Djamil, Irwan yang juga bertugas di klinik Asrama Haji mengatakan Nursiah diizinkan pulang karena kondisinya sudah mulai stabil namun masih perlu melakukan rawat jalan.

Baca Juga: Sebanyak 2.749 Jemaah Haji Embarkasi Padang Telah Tiba di Tanah Suci, Satu Kloter dari Bengkulu

“Almarhumah dijemput oleh keluarganya, saat pulang almarhumah sudah bisa duduk. Namun tim dokter menyarankan beliau tetap kontrol ke rumah sakit untuk mengetahui perkembangannya,” jelas Irwan.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Helmi menyampaikan turut berduka cita atas berpulangnya salah seorang jemaah haji Embarkasi Padang, asal Kota Padang Panjang.

“Kita mendoakan semoga almarhumah mendapatkan pahala haji yang sama dengan jemaah haji yang telah berangkat ke tanah suci. Kita doakan beliau husnul khotimah,” kata Helmi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat