bdadinfo.com

Pantas Susi Ngamuk Kebijakan Jokowi Ekspor Pasir Laut, 198 Pulau di Indonesia Akan Tenggelam - News

Ilustrasi Pulau kecil di Indonesia akan tenggelam akibat ekspor pasir laut

- Ekspor pasir laut yang sebelumnya dilarang, kini dibuka lagi oleh Presiden Jokowi melalui PP No.26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut.

Kebijakan terbaru yang dibuat Presiden Jokowi ini, langsung mendapat kritikan dari anak buahnya yakni mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti yang menilai kebijakan tersebut akan merusak alam dan merugikan masyarakat pesisir khususnya.

Lantas benarkan marahnya Susi Pudjiastuti tersebut beralasan. Hal senada rupanya diungkap Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) yang menyebut akan ada dampak serius atas kebijakan dibukanya penambangan pasir laut.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Kritik Kebijakan Pemerintah Terkait Ekspor Pasir Laut

Baca Juga: Luhut Mendapatkan Penghargaan dari Singapura: Sindiran Netizen Terkait Kebijakan Ekspor Pasir

Baca Juga: Tak Gentar 'Lawan' Luhut Soal Ekspor Pasir Laut, Susi Pudjiastuti Banjir Pujian: Cocok Jadi Cawapres!

Walhi melalui keterangan resmi yang dikutip News Selasa 20 Juni 2023, menyebut jika dampak penambangan pasir akan mengakibatkan pulau-pulau kecil di Indonesia terancam hilang.

Bahkan berdasarkan data penelitian yang diungkap Walhi, jika sebanyak 198 pulau kecil dalam dan terluar di Indonesia akan tenggelam akibat kenaikan air laut.

“Dengan adanya PP ini ancaman tenggelamnya desa-desa pesisir dan pulau-pulau kecil di Indonesia akan semakin cepat,” Ungkap Walhi melalui rilis resminya.

Baca Juga: Toyota Yaris Cross Hybrid Dilengkapi Baterai Buatan Indonesia Ekspor Perdana ke Banyak Negara

Baca Juga: Ranking FIFA Timnas Indonesia Turun Setelah Seri Melawan Palestina dan Kalah dari Argentina

Baca Juga: Chris Hemsworth Mengumumkan Kabar Menarik Tentang Franchise Extraction

Penambangan pasir laut sepanjang sejarah yang terjadi, dinilai selalu menimbulkan dampak buruk. Seperti di Kepulauan Seribu, sudah ada 6 pulau kecil yang tenggelam akibat ditambang untuk kebutuhan reklamasi teluk Jakarta.

Kondisi yang sama juga akan terjadi jika penambangan pasir laut akan dilakukan. Dampak inilah yang kemudian membuat Walhi juga meminta kepada pemerintah untuk memperhitungkan dampak lingkungan dan bahaya yang timbul akibat penambangan pasir laut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat