bdadinfo.com

5 Fakta Tragedi Kapal Titanic yang Mencengangkan, Transportasi Mewah yang Tetap Berangkat meski Ada Kebakaran - News

Tragedi kapal Titanic (smithsonianmag.com)

- Tragedi tenggelamnya kapal Titanic merupakan kejadian tak terlupakan. Tragedi ini menyimpan sejumlah fakta yang mencengangkan.

Titanic dicanangkan sebagai kapal termewah yang tak dapat ditenggelamkan. Faktanya, kapal tersebut tenggelam pada pelayaran pertamanya.

Berikut adalah sejumlah fakta menarik terkait tenggelamnya Kapal Titanic:

Baca Juga: Kasus Inses di Bukittinggi Kian Heboh, Polisi Mulai Lakukan Penyelidikan Mendalam

1. Benda bergerak buatan manusia terbesar pada masanya

Royal Mail Steamer (RMS) Titanic mulai dibangun pada Maret 1909 di Belfast, Irlandia oleh perusahaan Harland dan Wolff. Kapal milik perusahaan White Star Line ini didesain oleh Thomas Andrews.

Setelah dua tahun pembangunan, kapal Titanic rampung pada 31 Mei 1911. Kapal tersebut menjadi benda bergerak buatan manusia pada masanya.

Panjang kapal mencapai 269 dan lebarnya 28 meter. Selain itu, terdapat 29 boiler raksasa yang berfungsi untuk menjalankan dua mesin uap utamanya.

2. Menampung orang-orang kaya

Kapal Titanic memiliki 2.240 penumpang termasuk awak kapal. Terkenal akan kemegahannya, kapal ini ditumpangi oleh banyak orang kaya.

Penumpang tersebut di antaranya adalah pejabat, pelaku industri, orang terkemuka, dan selebriti. Bahkan penumpang terkaya di Titanic adalah pewaris kekayaan keluarga Astor, John Jacob Astor IV.

Selain itu, ada Direktur Pelaksana dari White Star Line, J. Bruce Ismay dan pembangun kapal dari perusahaan Harland dan Wolff, Thomas Andrews. Sedangkan, J.P. Morgan sang pemilik kapal batal ikut berlayar.The Unsinkable Molly Brown

3. Tetap berangkat meski terjadi kebakaran

Kapal Titanic berangkat dari Southampton, Inggris pada 10 April 1912. Namun, terdapat kejanggalan pada saat keberangkatan, yakni adanya kebakaran kecil pada batu bara dalam salah satu bunkernya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat