bdadinfo.com

Inilah Pengetahuan Dasar Keselamatan saat Terjadi Gempa Bumi, Berdasarkan Beberapa Lokasi - News

Inilah Pengetahuan Dasar Keselamatan saat Terjadi Gempa Bumi, Berdasarkan Beberapa Lokasi/Pixabay

 – Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda saat terjadi gempa bumi, apalagi bencana ini sifatnya tiba-tiba. Harus ada pencegahan untuk menyelamatkan diri.

Ada bagusnya apabila masyarakat umum mengetahui beberapa pengetahuan dasar tentang keselamatan diri saat gempa bumi mengguncang.

Dalam pengetahuan dasar keselamatan, selain mengatur diri agar tidak panik saat terjadi gempa bumi, beberapa lokasi ini harus diperhatikan.

Tidak hanya berada dalam ruangan, di lingkungan terbuka pun harus diamati apa saja yang dapat mengancam keselamatan karena bahaya terjadi dimana saja.

Maka dari itu, berikut adalah pengetahuan dasar penanganan saat terjadi gempa bumi berdasarkan lokasi:

  1. Di dalam ruangan

Ketika terasa getaran, upayakan untuk mencari tempat berteduh agar terhindar dari benda-benda yang jatuh dari atap. Biasanya, berlindung ke bawah kolong meja lalu lindungi kepala dengan benda empuk.

Jika memungkinkan berada dekat dengan akses ke luar ruangan, segeralah berlari dan mencari tempat yang luas.

  1. Di dalam bangunan tinggi

Kendalikan emosi dan hindari untuk menyebabkan kepanikan karena akan menghambat proses evakuasi. Ikuti arahan dari petugas yang memberikan petunjuk.

Perlu diingat, hindarilah ruang tertutup seperti elevator. Lebih baik gunakan tangga darurat.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Kamu Lakukan Saat Gempa agar Selamat

  1. Di tempat terbuka

Lindungi badan, terutama bagian kepala dari benda-benda yang dapat melukai diri dengan menggunakan tangan, tas, atau benda apapun yang mudah digapai.

Jauhi lokasi yang berdekatan dengan tiang listrik, papan reklame, kaca-kaca, atau benda lain yang dapat jatuh ke arah anda.

  1. Di dalam kendaraan

Saat berkendara maupun itu berada di dalam mobil, bus, ataupun kereta api, berpegangan tanganlah pada sesuatu yang kuat untuk menghindari apabila kendaraan berhenti tiba-tiba.

Kalau berkendara kendaraan pribadi, hindari persimpangan dan berhenti di bahu jalan guna meminimalisir kecelakaan lalu lintas karena pengguna jalan yang panik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat