bdadinfo.com

Wow Pertama Kali Dalam Sejarah! Taruna AAL Melaksanakan Kenaikan Pangkat di Belanda - News

Wow pertama kali dalam sejarah TNI AL kenaikan pangkat Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dilakukan di luar negeri.  (Dispenal)

- Wow pertama kali dalam sejarah TNI AL kenaikan pangkat Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dilakukan di luar negeri. 

Mengapa pertama kali dalam sejarah? Sebab, biasanya untuk kenaikan pangkat Taruna AAL akan digelar di Surabaya. 

Namun, hal ini berbeda karena untuk pertama kalinya dalam sejarah kenaikan pangkat Taruna AAL digelar saat tengah-tengah acara Tall Ship Races 2023 di Port of Den Helder, Belanda pada Sabtu 1 Juli 2023 lalu. 

Baca Juga: Inilah 6 Kota Tersepi yang Mendominasi Provinsi Sumatera Barat, Nomor 4 Jumlah Penduduknya Paling Sedikit

Kenaikan pangkat para Taruna AAL dipimpin langsung oleh Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi sebagai Inspektur upacara dan Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo sebagai Komandan Upacara. 

Dalam sambutannya, Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi menyampaikan selamat atas kenaikan pangkat dan tingkat para Taruna AAL. 

Kata Gubernur AAL, mengingat kenaikan tingkat dan pangkat adalah anugerah dan nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa kepada hamba-Nya, oleh karena itu momen para Taruna AAL harus mensyukuri hal tersebut.

Baca Juga: Buya Hamka, Tokoh Terkenal Asal Sumbar yang Menulis Novel Tenggelamnya Kapal van der Wijck

"Wujud syukur bukan hanya lisan saja. Tetapi harus diimplementasikan dan ditampilkan dalam wujud belajar dan berlatih semakin giat dan bersemangat lagi selama menempuh pendidikan di AAL sampai lulus menjadi Letnan Dua nantinya," ucap Gubernur AAL dikutip dari keterangan tertulis Dispenal, Senin 3 Juli 2023.

Upacara kenaikan pangkat dan kenaikan tingkat Taruna AAL ditandai dengan penyematan tanda pangkat Taruna (Cevron) oleh Gubernur AAL.

Sebanyak 68 Taruna AAL Angkatan ke-70 korps pelaut yang terdiri dari 64 pria dan 4 wanita naik satu tingkat dari tingkat II menjadi tingkat III dengan menyandang pangkat Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar).***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat