bdadinfo.com

Kontroversi Amien Rais, Tokoh Revormasi yang Tak Pernah Berhenti Mengkritik - News

Amien Rais  (YouTube@AmienRaisOfficial)




- Sosok Amien Rais memang tidak asing bagi kalangan Masyarakat Indonesia terutama soal kepribadian yang unik dan santai saat bicara di hadapan para pejabat maupun media.

Politisi yang pernah menjadi aktivis sejak menjadi mahasiswa mengantarnya menjadi tokoh reformasi dan terlibat dalam peranan penting untuk melengserkan Presiden Soeharto yang memimpin Indonesia selama 32 tahun pada 1998.

Namun dalam beberapa tahun terakhir khususnya saat di kepemimpinan Presiden Jokowi ini sontak mendapat kritikan yang pedas dari Politisi yang pernah menjadi Pemimpin dari Partai Amanat Nasional (PAN) pada periode 1998 – 2005 ini tidak berhenti melontarkan kalimat yang meragukan gaya pemerintahan Jokowi.

Baca Juga: Tips Memasak Nasi Agar Matang dengan Pulen dan Wangi Juga Tak Mudah Basi di Rice Cookermu, Begini Caranya 

Namun jika kita melihat kebelakang atau sebelum Jokowi menjadi Presiden pada tahun 2014 lalu, Amien Rais adalah sosok yang mendukung KH Abdurrahman Wahid  ‘Gus Dur’ untuk menjadi Presiden keempat pada pemilu 1999 dalam sidang umum MPR ‘Majelis Permusyawaratan Rakyat’ yang dipimpin langsung oleh Amien Rais.

Hubungan Gus Dur dan Amien Rais memang memiliki kedekatan yang unik di mata para politisi lainnya, sehingga kedua sosok yang sudah berjuang di zaman rezim Orde Baru ini mulai renggang pasca Gus Dur dilengserkan dari jabatan sebagai Presiden Republik Indonesia oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada pada 23 Juli 2001. Ini sontak mendapat respon yang tidak mudah untuk diterima.

Karena mereka menganggap Presiden Gus Dur adalah orang yang santun, hebat dan paham dalam toleransi agama, bahkan di era Kepemimpinan Gus Dur membuat kebijakan yang membuat rakyat Indonesia diperlakukan setara tanpa memandang perbedaan Ras, Suku, Budaya dan Agama.

Baca Juga: Terjawab! Indomaret Alfamart Sebelahan Berdekatan Karena Alasan Hukum Ini

Sebagian dari pendapat rakyat menduga bahwa Gus Dur dilengserkan berkat bantuan Amien Rais, ada juga yang berspekulasi bahwa Amien Rais adalah orang yang nekat melakukan perbuatan untuk menjatuhkan harga diri Gus Dur disaat Indonesia berusaha mengembalikan reputasi setelah peristiwa demo besar–besaran pada tahun 1998.

Namun pria yang dikenal religius ini memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan Amien Rais dan Megawati Soekarnoputri. Bahkan ketika beliau meninggal pada 30 Desember 2009, baik Amien maupun Megawati nampak tidak menghadiri pemakaman tersebut.

Memasuki tahun persaingan politik yang semakin ketat Amien Rais baru–baru ini melontarkan kalimat yang meragukan Jokowi sebagai Presiden ketujuh apalagi menjelang masa akhir jabatan pada 2024 mendatang. Ucapannya Seolah–olah merasa Jokowi Ikut campur untuk urusan Pemilu 2024.

"Sayang sekali Pak Jokowi nampak kejangkitan penyakit serakah, tidak pandai bersyukur ke Allah Swt. Karir politiknya bagaikan meteor melesat ke atas. Belum puas, masih ingin menjalankan politik nista bernama cawe – cawe, dia sedang mengotori demokrasi kita," kata Amien Rais dikutip pada Jumat 7 Juli 2023.

Bukan hanya itu saja bahkan, Amien Rais yang saat ini menjabat sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Ummat menuduh bahwa anggota Keluarga Jokowi melakukan korupsi sehingga Jokowi seperti ingin menyelamatkan keluarganya yang disebut terjerumus dalam kasus korupsi.

“Manuver yang tanpa ragu-ragu dan tanpa rasa malu untuk melindungi keselamatan diri dan keluarganya. Supaya korupsi anak-anak, menantu tidak dibawa ke meja hijau," ujarnya dikutip dari video yang diunggah di kanal YouTube @AmienRaisOfficial pada Senin, 12 Juni 2023.

Video ini juga mendapatkan berbmacam tanggapan dari netizen.

“DEMOKRASI TIDAK DIKOTORI JUGA SUDAH KOTOR, KATA PA MAHFUD MD, MALAIKAT SAJA MASUK SISTEM DEMOKRASI BISA MENJADI IBLIS," komentar milik @al-asr vipwater3380 pada Kamis, 6 Juli 2023. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat