bdadinfo.com

Bukan Hanya di Kalimantan, Berikut 5 Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Sumatera Utara - News

Bukan Hanya di Kalimantan, Berikut 5 Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Sumatera Utara/Astra Agro


-Salah satu hasil perkebunan yang memiliki peran besar dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia adalah kelapa sawit.

Ya, Bukan hanya di Kalimantan sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia namun juga Sumut memiliki beberpaa daerah sumber terbanyak.

Berikut 5 daerah penghasil terbesar di Sumatra Utara menurut laporan tahun 2021 dilansir dari sumut.bps.go.id.

5. Padang Lawas
Daerah penghasil kelapa sawit dengan urutan kelima adalah Padang Lawas, berdasarkan laporan dari BPS pada tahun 2021 mencapai 569.436,36 ton.

Baca Juga: Inilah 5 Universitas Terbaik di Sumatera Utara, Ada Kampus Impianmu?

4. Labuhanbatu Selatan
Sedangkan urutan keempat berdasarkan data BPS berada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan telah menghasilkan 729.009,09 ton, menurut laporan pada tahun 2021.

3. Langkat
Wilayah terluas di Sumatera Utara yang berada di peringkat ketoga adalah Kabupaten Langkat dan menurut laporan tercatat produksi kelapa sawit pada tahun 2021 mencapai 764.436,36 ton.

2. Labura (Labuhanbatu Utara)
Lalu pada peringkat kedua adalah Kabupaten Labuhanbatu Utara sebagai penghasil kelapa sawit terbesar, menurut laporan BPS telah menghasilkan sebanyak 1.163.022,73 ton.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Tempat Makan Khas Palembang yang Paling Diminati dan Melegenda

1. Asahan
Pada urutan pertama adalah Kota Asahan di Sumut dan menurut laporan BPS produksi kelapa sawit di Kabupaten Asahan mencapai 1.654.040,91 ton.

Kelapa sawit sendiri telah tersebar di 26 provinsi di Indonesia dan menurut data BPS,Provinsi penghasil kelapa sawit terbesar adalah Riau, yang telah memproduksi sekitar 8,9 juta ton.

Sebagai informasi bahwa Provinsi Riau memiliki areal perkebunan kelapa sawit terluas di Indonesia dengan 2,89 juta ha pada 2021 atau 19,16% dari total luas area perkebunan kelapa sawit di negeri ini.***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat