bdadinfo.com

Epyardi Asda, Bupati Kabupaten Solok yang Punya Aset Mentereng, Ternyata Pernah jadi Kapten Kapal - News

Epyardi Asda (Kompas.com)

Kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu tokoh penting di Solok Sumatera Barat.

Dia adalah Epyardi Asda, Bupati Solok periode 2021–2024 sekaligus pengusaha dan politikus Indonesia yang cukup populer di Sumatera Barat.

Politisi kelahiran Singkarak, Solok, 11 Maret 1962 itu diketahui merupakan pemilik PT Kaluku Indah Permai yang melakukan reklamasi di Danau Singkarak.

Baca Juga: Deretan Wisata yang Berasal dari Legenda Kisah Rakyat Sumatera Barat, Minat Berkunjung?

Epyardi Asda bersama wakilnya Jon Firman Pandu sukses memenangkan pemilihan umum Bupati Solok pada 2020 lalu.

Karier politik Epyardi terbilang moncreng. Sebelum dipercayakan menjabat bupati Solok, ia pernah menjabat sebagai Anggota DPR-RI Fraksi PPP 3 periode yakni 2004–2009, 2009–2014, dan 2014–2019.

Politisi yang pernah mencalonkan diri menjadi Ketua Umum PPP ini merupakan anak dari Asfar Panduko Sutan dan Ibunya bernama Rosida.

Sebelum terjun ke dunia politik, Epyardi menempuh pendidikan menengah di SMA Negeri Solok (1979-1982).

Setamat SMA, ia kemudian menempuh pendidikan kepelautan dari tahun 1982 hingga 2005. Ia akhirnya sukses dengan menyandang sertifikasi Ahli Nautika Tingkat (ANT) 1 dan 2.

Baca Juga: Memadukan Tiga Unsur Gaya Arsitektur, Ini Sosok Orang Belanda yang Merancang Masjid Raya Al Mashun Medan

Di dunia pendidikan, Epy terbilang sosok yang cerdas. Ia bahkan sukses menyandang gelar Master Mariner setelah merampungkan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta (2003-2004).

Siapa sangka, jauh sebelum terjun ke politik, dengan jejak pendidikannya itu, Epy ternyata bekerja sebagai kapten kapal.

Adapun jejak karirnya sebagai pelaut yakni tercatat sebagai kapten kapal di Singapore Shipping Company hingga tahun 1996.

Selain itu, Kemudian juga menjadi Komisaris Utama PT Kaluku Maritima Utama (1997-2004) yang juga bergerak di bidang kepelautan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat