bdadinfo.com

Sejarah Islam Masuk ke Sumatera Barat yang Mampu Merubah Sistem Pemerintahan Kerajaan Pagaruyung - News

Sejarah Islam Masuk Sumatera Barat yang Mampu Merubah Sistem Pemerintahan Kerajaan Pagaruyung

- Kerajaan Pagaruyung adalah kerajaan yang pernah berdiri di Sumatra, wilayahnya terdapat di dalam provinsi Sumatera Barat, dan sebagian provinsi Riau sekarang. Nama kerajaan ini dirujuk dari nama pohon, Nibung atau Ruyung.

Selain itu juga dapat dirujuk dari inskripsi cap mohor, Sultan Tangkal Alam Bagagar dari Pagaruyung, yaitu pada tulisan beraksara Jawi, dalam lingkaran bagian dalam yang berbunyi.

Sulthān Tunggal Alam Bagagar ibnu Sulthān Khalīfatullāh, yang mempunyai tahta kerajaan dalam negeri Pagaruyung Dārul Qarār, Johan Berdaulat Zhillullāh fīl 'Ālam.

Baca Juga: Masuknya Islam ke Minangkabau, Perjalanan Sejarah yang Menyemarakkan Budaya

Sayangnya pada cap mohor tersebut, tidak tertulis angka tahun masa pemerintahannya. Kerajaan ini runtuh pada masa Perang Padri, setelah ditandatanganinya perjanjian, antara Kaum Adat dengan pihak Belanda, yang menjadikan kawasan Kerajaan Pagaruyung, berada dalam pengawasan Belanda.

Sebelumnya kerajaan ini tergabung dalam Malayapura, sebuah kerajaan yang pada Prasasti Amoghapasa, disebutkan dipimpin oleh Adityawarman, yang mengukuhkan dirinya.

Sebagai penguasa Bhumi Malayu di Suwarnabhumi. Termasuk pula di dalam Malayapura, adalah kerajaan Dharmasraya, dan beberapa kerajaan, atau daerah taklukan Adityawarman lainnya.

Baca Juga: 5 Danau Megah di Sumatera Barat, Punya Keunikan Sendiri hingga Bisa Pasang Surut Bak Lautan

Kerajaan Pagaruyung merupakan sebuah Kerajaan Melayu yang pernah berdiri,meliputi provinsi Sumatera Barat sekarang dan daerah-daerah di sekitarnya.

Nama kerajaan ini dirujuk dari Tambo yg ada pada masyarakat Minangkabau, yaitu nama sebuah nagari yg bernama Pagaruyung.di Kemudian hari.

Nama kerajaan ini dapat juga dirujuk dari inskripsi cap mohor Sultan Tangkal Alam Bagagar dari negeri Pagaruyung.

Baca Juga: Hadiri Gotong Royong Warga Jorong Koto Gadang Tanah Datar, Bupati Eka Putra: Kegiatan Ini Patut Ditiru

Yaitu pada tulisan beraksara Jawi dalam lingkaran bagian dalam yg berbunyi sebagai berikut:
Sultan Tangkal Alam Bagagar ibnu Sultan Khalifatullah yg mempunyai tahta kerajaan dalam negeri Pagaruyung Darul Qadar Johan Berdaulat Zillullah fil Alam.

Yang mempunyai tahta kerajaan dalam negeri Pagaruyung Darul khodar Johan berdaulat selular file alam kerajaan ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat