bdadinfo.com

Tol Seksi Bukittinggi Hingga Pangkalan Bagaimana Kabarnya? Ruas Feeder Tol Padang-Pekanbaru yang Dinanti-nanti - News

Tol Bukittinggi Hingga Pangkalan Bagaimana Kabarnya? Ruas Feeder Tol Padang Pekanbaru yang Dinanti-nanti

- Kabar jalan tol trans Sumatera yang sebagian besar luasnya berada di provinsi Sumatera Barat serta sebagian berada di provinsi Riau yaitu ruas jalan tol Pekanbaru Padang.

Jalan tol ini merupakan bagian dari jalan tol trans Sumatera yang menghubungkan Kota Padang dengan Kota Pekanbaru dimulai dari kota Padang melewati Lembah Anai yang merupakan deretan tebing curam

Yang terletak di kota Padangpanjang lalu terus menyerang jurang di Ngarai Sianok Kota Bukittinggi serta bersambung dengan Kelok 9 di Payakumbuh.

Baca Juga: Sisa 2 Seksi Lagi yang Belum Selesai, Pembangunan Jalan Tol Bengkulu Seksi 3 Justru Sudah Beroperasi

Ruas jalan tol sepanjang lebih dari 254 KM ini dengan rute Padang menuju Bukittinggi sampai ke kota Pekanbaru yang dimulai sejak beberapa tahun lalu.

Rencana besar pembangunan ruas feeder jalan tol Padang Pekanbaru yang notabene melewati kontur daerah perbukitan serta pegunungan terjal.

Sehingga pada pembangunannya jauh-jauh hari direncanakan sebuah pembangunan terowongan yang memiliki panjang 8,9 puluh lima kilometer tepatnya di daerah Payakumbuh.

Baca Juga: Progres Positif Pembangunan Jalan Tol Padang Sicincin, Sempat Bikin Jokowi Pusing?

Adapun pembangunan terowongan yang akan menembus Bukit Barisan Pulau Sumatera tersebut merupakan terowongan tol yang diklaim akan menjadi terowongan tol terpanjang di Indonesia.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUR, Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa terowongan dipakai untuk menghemat rute karena tidak memakai terowongan akan lebih panjang 11 KM.

Sementara untuk membangun terowongan tersebut dibutuhkan dana sekitar Rp9 triliun dari total 78,09 triliun yang untuk pembangunan secara keseluruhan dari total enam seksi ruas tol feeder Pekanbaru Padang yang melewati beberapa kota besar di provinsi Sumatera Barat tersebut.

Telah dikerjakan hingga saat ini tiga seksi diantaranya seksi Pekanbaru-Bangkinang lalu Bangkinang Pangkalan dan seksi Padang Sicincin.

Untuk seksi Pekanbaru Bangkinang dan Bangkinang Pangkalan batas Riau yang keseluruhannya berada di provinsi Riau.

Saat ini telah menunjukkan progres yang signifikan. Bahkan ruas jalan tol Pekanbaru Bangkinang mencapai progres yang lebih baik dari keseluruhan rute fedder tol Pekanbaru Padang berbeda dengan seksi Padang Sicincin yang mengalami sekelumit permasalahan mulai dari pembebasan lahan yang tak kunjung usai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat