bdadinfo.com

5 Kota Pengangguran di Sumatera, Apakah Padang jadi Penyumbang Terbesar? - News

kota penyumbang pengangguran tertinggi Sumatera (Youtube Sumatera Pedia)

- Tak disangka-sanga, wilayah Sumatera menyumbangkan sekitar 1,5 juta pengangguran dari 31 juta angkatan kerja.

Turun 0,23% dari tahun sebelumnya, wilayah Sumatera merupakan regional dengan persentase pengangguran terbuka tertinggi kedua di Indonesia setelah Pulau Jawa.

Persentase pengangguran ini tersebar di beberapa kota-kota besar di Sumatera bahkan ada pula yang berstatus sebagai ibukota provinsi.

Baca Juga: Puskesmas Inderapura Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Gerakan Cegah Stunting

1. Kota Palembang, Sumatera Selatan

Kota Palembang menyumbang angka pengangguran tertinggi untuk Provinsi Sumatera Selatan dengan persentase mencapai 8,20%.

Provinsi Sumatera Selatan memiliki jumlah penduduk 8,6 juta jiwa pada akhir Tahun 2022 dan merupakan provinsi dengan penduduk terbanyak ketiga di wilayah Sumatera.

Dari jumlah tersebut, terdapat setidaknya 4,5 juta jiwa atau setengah dari total penduduk di Provinsi ini merupakan angkatan kerja.

Baca Juga: Adu Harta Bupati Termuda Indonesia, Semuanya di Sumatera, Si Mamah Muda vs Bangsawan Darah Biru

Berdasarkan 4,5 juta angkatan kerja di provinsi ini ada sekitar 200.000 angkatan kerja yang masih berstatus pengangguran atau sebanyak 4,53% dengan penyumbang terbesar adalah Kota Palembang.

2. Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara

Berpindah ke Sumatera Utara yang juga dinobatkan sebagai provinsi dengan angka pengangguran terbuka tertinggi, ada Kota Pematangsiantar.

Jumlah angkatan kerja di provinsi ini tercatat sebanyak 7,8 juta jiwa dan dari jumlah tersebut masih ada lebih dari 400.000 angkatan kerja yang berstatus pengangguran per Februari 2023 atau sekira 5,24%.

Kebanyakan angkatan kerja pengangguran tersebut ada di Kota Pematangsiantar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat