bdadinfo.com

Terungkap! Orang Sumatera Barat Miliki Garis Keturunan Iskandar Zulkarnain, Begini Kisahnya... - News

Terungkap! Orang Sumatera Barat Memiliki Garis Keturunan Iskandar Zulkarnain, Begini Kisahnya...

 - Terungkap! orang Sumatera Barat memiliki garis keturunan Iskandar Zulkarnain. Memang ada cerita mengenai Minangkabau karya Amir Syarifuddin ini disusun dari 292 buku rujukan ditambah berbagai sumber lainnya dapat menjadi informasi awal untuk meneliti lebih mendalam mengenai kebudayaan Minangkabau.

Redaksi mengutip dari kanal youtube YtCrash Claims di mana bagi pemula cerita ini cukup mengasyikkan untuk disimak guna menambah pengetahuan kebudayaan suku-suku di tanah air.

Seperti bagian yang menarik mengenai klaim bahwa orang Minang adalah keturunan Iskandar Zulkarnain bermula dari kisah Iskandar Zulkarnain didalam tambo Alam Minangkabau sendiri.

Baca Juga: Keajaiban Mukjizat yang Ada Pada Graha Maria Annai Velangkanni di Sumatera Utara

Tidak diterangkan secara jelas siapa sosok Iskandar Zulkarnain yang dimaksud jika tokoh yang dimaksud adalah Iskandar Zulkarnain yang disebutkan oleh Al-quran maka ia hidup 2000 tahun sebelum masehi.

Namun jika yang dimaksud adalah Iskandar Zulkarnain yang di barat ditulis dengan Alexander The Great maka ia hidup sekitar 305 enam hingga 323 sebelum masehi.

Masa hidup kedua tokoh tersebut akan menentukan Berapa lama usia Minangkabau informasi tentang kedua tokoh tersebut sedikit banyaknya telah membuka tabir tentang sejarah Minangkabau.

Baca Juga: Saat Pembangunan Terowongan Tol Sumatera Barat Jika Ditemukan 'Harta Karun', Akan Jadi Milik Siapa?

Dalam cerita rakyat tentang Iskandar Zulkarnain yang disebutkan bahwa raja pertama yang datang ke Minangkabau bernama Suri Maharajo Dirajo anak bungsu dari Iskandar Zulkarnain.

Suri Maharajo Dirajo datang ke Minangkabau ini didalam tambo disebut Pulau Paco atau perca nama pulau Sumatera terdahulu lengkap dengan pengiringnya yang disebut kucing siam.

Harimau campur anjiang Mualim dan kambiang hutan kisah ini memberi isyarat bahwa wilayah Minangkabau yang dihuni oleh suku bangsa Minangkabau sudah dihuni semenjak 2000 tahun yang lalu.

Awalnya Iskandar tertarik melihat kecantikan seorang putri penguasa di negeri Rom yang bernama Hatta dan dilamarnya kepada ayahnya sehingga kawinlah Baginda dengan Putri itu Iskandar bertahta dalam kerajaan itu.

Dihormati dan dimuliakan rakyat menurut patutnya dengan Putri itu Iskandar mendapat tiga orang Putera seorang dinamakan Sultan Maharaja Alif seorang bernama Sultan Maharaja depan dan seorang lagi bernama Sultan Maharajo Dirajo.

Setelah Raja Iskandar wafat masing-masing Putra itu berangkat menuju daerah yang sudah ditunjukkan oleh almarhum ayahnya Maharajo Dirajo membawa mahkota yang bernama mahkota sanggahan Sultan Maharaja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat