bdadinfo.com

Kemenko Marves Segera Siapkan DED TPA Aia Dingin Padang - News

Dok Harianhaluan.com

PADANG, - Deputi Bidang Koordinasi Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Nani Hendiarti mengatakan untuk pembangunan RDF di TPA Aia Dingin, Kota Padang, Provinsi Sumbar lahan yang tersedia harus sudah clear and clean.

"DED juga harus segera disiapkan," ujarnya saat selesai peninjauan di Aia Dingin Kota Padang.

Baca Juga: Larang Wartawan Memotret TPA Aia Dingin, Kepala DLH Padang Minta Maaf

Ada beberapa alternatif pendanaan yang bisa digunakan yaitu APBN atau swasta karena saat ini cukup banyak swasta yang tertarik berinvestasi di bidang sampah.

Untuk TPA Regional Payakumbuh pihaknya segera mengkoordinasikan dengan Kementrian PUPR untuk dicarikan solusi terbaik.

Baca Juga: AJI Padang Sesalkan Pelarangan Peliputan di TPA Aia Dingin

Dalam rakor itu juga membahas rencana pengolahan sampah dan pusat pengolahan insinerator LB3 Medis Provinsi Sumatera Barat yang juga sangat mendesak karena produksi sampah itu sekitar 7 ton perhari dari banyak Rumah Sakit, Tempat Isolasi Mandiri dan Puskesmas.

Sebelumnya diberitakan, volume sampah di Kota Padang terus bertambah hingga 20 persen. Dipicu oleh meningkatnya sampah pasar dan sampah rumah tangga. Bila biasanya sampah yang diangkut ke Tempat Pembu­angan Akhir TPA Aia Dingin Padang sebesar 400-500 ton per hari, kini menjadi 550-600 ton per harinya.

Peningkatan volume sam­pah tersebut bisa dihitung dari jumlah unit mobil yang mem­bawa sampah ke lokasi Ini.

Berdasarkan penuturan Azwardi (50) selaku Kepala UPT TPA Aia Dingin, kenai­kan intensitas sampah terjadi sehabis Lebaran dan Ramadan.

Lanjutnya kendaraan me­ng­angkut sampah disini ber­jumlah 62 unit. Masing-masing mobil mempunyai kapasitas yang berbeda.

“Khusus untuk mobil tipe kontainer itu bisa 3-4 trip perhari, namun sekarang me­ningkat 4-5 perharinya meng­angkut sampah,” terangnya. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat