bdadinfo.com

Polda Sumbar Akan Gelar Operasi Singgalang 2022, Catat Tanggal dan Lokasinya - News

PADANG, - Direktorat Lalu lintas (Dirlantas) Polda Sumbar akan menggelar Operasi Keselamatan Singgalang tahun 2022.

Operasi Keselamatan Singgalang tahun 2022 rencananya akan digelar pada tanggal 1-14 Maret tahun 2022 di seluruh Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto menjelaskan, operasi bersandi Operasi Keselamatan Singgalang tahun 2022 itu, merupakan operasi yang digelar serentak oleh Mabes Polri di seluruh wilayah Indonesia untuk menciptakan keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.

Baca Juga: Lebih 66.200 Pria Ukraina Pulang Kampung, Siap Perang Bela Negara!

"Benar, secara Nasional, sandi operasinya adalah operasi Keselamatan Tahun 2022, sedangkan untuk di wilayah Sumbar, sandi operasinya  keselamatan Singgalang 2022, tujuannya untuk meminimalisir pelanggaran lalu lintas, serta untuk menciptakan masyarakat yang tertib berlalu lintas," ujarnya Minggu, 6 Maret 2022.

Satake juga menyebut, ada tujuh pelanggaran lalu lintas  yang menjadi prioritas untuk ditindak oleh polisi dalam operasi tersebut, diantaranya adalah pengendara yang mengoperasikan ponsel saat sedang mengemudi, pengendara dibawah umur, serta pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang.

"Kemudian juga akan ditindak para pengendara yang tidak mengenakan helm dengan standar SNI, pengendara yang mengemudi dibawah pengaruh alkohol, pengendara yang melawan arus, serta pengemudi mobil yang tidak mengenakan sabuk pengaman," ungkapnya.

Baca Juga: Relawan PMI Dirikan Rumah Sakit Lapangan di Lokasi Pengungsian Malampah Pasaman

Para pengguna kendaraan bermotor yang kedapatan melakukan pelanggaran diatas, dikatakan Satake selanjutnya akan diberikan sanksi tilang sesuai undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

"Setiap pelanggaran aturan lalu lintas, akan dilakukan penindakan oleh personil kepolisian di lapangan, untuk itu dihimbau kepada para pengguna jalan raya, untuk mematuhi setiap aturan dan menghindari pelanggaran lalu lintas demi keselamatan bersama," ucapnya.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat