bdadinfo.com

3 Lokasi Diduga Jadi Tempat Aktivitas Tambang Emas Ilegal di Pasaman Barat - News

3 Lokasi Diduga Jadi Aktivitas Tambang Emas Ilegal di Pasaman Barat/ist

News - Terdapat sekitar tiga lokasi di kecamatan berbeda yang diduga menjadi tempat aktivitas penambangan emas ilegal di Pasaman Barat (Pasbar). Hal itu diperparah dengan kondisi air sungai yang mengeruh setiap hari.

Lokasi yang diduga menjadi tempat penambangan emas liar itu menggunakan alat berat jenis ekskavator. Diantaranya, Muaro Kiawai Kecamatan Gunung Tuleh, Kecamatan Ranah Batahan dan di Rimbo Canduang Kecamatan Pasaman 

Penjabat Wali Nagari Muaro Kiawai ketika dihubungi pada Selasa, 4 Oktober 2022 membenarkan aktivitas penambangan emas diduga ilegal itu.

Baca Juga: Curi HP di Padang Pria Asal Pasaman Barat Ditangkap Polisi

"Iya, aktifitas alat berat itu memang sudah ada di Astra Muaro Kiawai Tetapi bagaimana lagi, masyarakat yang punya lahan juga ikut menambang," kata Roni.

Pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa karena masyarakat sendiri yang punya lahan atau tanah juga ikut terlibat di dalamnya.

Ia mengaku sudah turun kelapangan melalui kepala jorong dan mengakui aktivitas tambang emas itu memang ada.

Baca Juga: Gempa Pasaman Barat Akibat Pergerakan Sesar Aktif Segmen Talamau

"Rumit jika saya ceritakan kondisinya. Bagaimana ya. Sebenarnya sama paham kita ceritanya. Mengenai ada bekingan di belakang para penambang saya tidak bisa berkomentar," tegas dia.

Sekitar 35 sampai 40 alat berat beroperasi mengeruk material dan memasukkannya ke penyaringan untuk mencari butiran emas.

"Minggu kemarin ada 19 alat berat. Saat ini sudah mencapai 35 alat berat. Kita melibatkan semua pihak dalam menjalankan aktifitas ini," kata salah seorang penghubung dari pemain tambang yang ada di daerah Astra sampai Rimbo Canduang inisial RA.

Menurutnya aktivitas tambang emas ini sudah berlangsung beberapa bulan ini. Sejauh ini berjalan dengan aman dan lancar.

Dari data yang diperoleh, pemain tambang itu ada diduga dari oknum aparat, oknum anggota DPRD, oknum mantan anggota DPRD, tokoh masyarakat dan pengusaha di Pasaman Barat dan dari pengusaha lain di luar Pasaman Barat.

Salah seorang pemain tambang inisial DTC saat dikonfirmasi wartawan melalui WhatApp di tidak membalas namun pesan sudah dibaca.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat