bdadinfo.com

Presiden Ir Soekarno Dalam Keadaan Sedih Saat Menikahkan Rachmawati, Ternyata Ini Penyebabnya - News

Ir Soekarno pada Moment Pernikahan Rachmawati Soekarnoputri  dan Tommy (YouTobe @mr.colorized)

 

- Presiden pertama RI, Ir Soekarno saat menghadiri pernikahan anak ketiganya, Rachmawati dalam kondisi sedih beserta sedang sakit dengan wajahnya bengkak serta berstatus tahanan.

Rachmawati Soekarnoputri merupakan salah seorang putri Soekarno dari istri ketiganya yaitu Fatmawati, wanita yang  menjahit Bendera Merah Putih dengan mesin jahit tangan.

Rachmawati dipersunting oleh  Martomo Pariatman Marzuki atau Tommy pada tahun 1969, putri dari Soekarno ini meminta restu kepada sang ayah yang dalam tahanan, melalui surat yang dikirimkan kepada Suharto supaya ayahnya dapat menjadi wali nikah.

Baca Juga: Ini Perbedaan SSD dan HDD pada Laptop, Pengguna Wajib Tahu!

Akhirnya Tommy dan Rachmawati  menikah dengan wali ayahnya sendiri setelah tujuh hari menunggu keputusan persetujuan dari Soekarno.

Aturan orde baru saat itu, Soekarno diizinkan datang menghadiri pernikahan  anaknya untuk memberikan doa restu namun tidak boleh melambaikan tangan ke masa. Dalam keadaan sakit bahkan wajahnya terlihat bengkak.

Rachmawati mencucurkan air mata melihat sang bapak disambut dan dibimbing oleh ibunya Fatmawati. Suasana mengharukan yang mengelilingi pernikahan itu.

Baca Juga: Mengulik Sejarah Panjang Pembuatan dan Pengesahan RKUHP Pasca Redupnya Kekuasaan Soekarno

Pernikahan Tommy dan Rachmawati dilaksanakan di kediaman ibunya, Fatmawati di Jalan Sriwijaya Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Nama lengkap Rachmawati Soekarnoputri yaitu Diah Pramana Rachmawati Soekarno. Ia lahir pada 27 September 1950.

Putri ketiga dari Presiden pertama RI ini menjalani pendidikannya di Jakarta. Rachmawati bersekolah di SD dan SMP Perguruan Cikini, SMA Santa Ursula Jakarta.

Baca Juga: Rekomendasi Jam Tangan Guess Pria Terbaik, Ubah Penampilan Makin Keren dan Kece

Rachmawati lulus S1 Hukum pada tahun 2002 dengan meraih gelar Sarjana Hukum. Kemudian melanjutkan kuliah S2 tahun 2017 serta meraih gelar Magister Hukum di kampus yang sama tahun 2020.

Rachmawati menikah sebanyak 3 kali. Pada pernikahan pertama Bung Karno menjadi wali nikah Rachmawati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat