bdadinfo.com

Orang Tua Wajib Tahu, Mainan Lato lato Ternyata Berbahaya Simak Faktanya - News

Lato-lato  (Foto: Youtube @Asroni Channel Berau)

– Sempat ramai dimainkan sejak dulu, kini lato-lato kembali viral hingga banyak anak-anak di berbagai daerah memainkannya.

Ternyata lato-lato adalah mainan yang sempat mengalami transformasi, pada tahun 1960 permainan ini mulai dikenal di Amerika dengan nama clackers balls toys.

Permainan yang kini dikenal di Indonesia dengan nama lato-lato ternyata pernah menjadi salah satu mainan paling berbahaya yang pernah dipasarkan.

Baca Juga: 7 Mainan Jadul yang Legendaris di Era 90-an, Tak Kalah Seru dari Lato-lato

Selain itu, clackers ball toys sempat menjadi permainan yang digandrungi oleh mayoritas anak di Amerika hingga mengambil perhatian para pemimpin sekolah.

Seperti dikutip dari wbsm, permainan clackers ball toys memuncak pada tahun 1970 hingga hampir semua anak di sana memiliki mainan tersebut.

Permainan ini pernah ditulis oleh New York Times pada tanggal 12 Februari 1971 terkait imbauan FDA (Food and Drugs Administration) terhadap clackers balls toy.

"Mainan itu terdiri dari dua bola plastik, dihubungkan dengan kabel dua kaki dengan cincin jari di tengah. Pengguna menyelipkan cincin dan menggoyangkan jarinya ke atas dan ke bawah. Bola berayun seperti pendulum dan berdenting bersamaan, akhirnya berderak saat naik dan turun lagi," tulis New York Times sebagaimana dikutip News dari laman wbsm.

Baca Juga: Selain Menyenangkan, Simak Bahaya bermain Lato lato Bagi Anak-anak

Saat itu, mainan viral tersebut terbuat dari bahan yang sama sekali tidak aman hingga menjadi sorotan para orang tua di Amerika.

Lato-lato atau clackers terbuat dari kaca temper yang sering pecah hingga pecahannya tersebut berterbangan ke segala arah dan memungkinkn terkena orang sekitar.

Hal seperti ini sering terjadi dan mengakibatkan kasus cedera serius yang banyak terdokumentasikan saat itu.

Oleh karena itu, clackers sempat ditarik dari pasaran dan dilarang oleh setiap sekolah.

Dikutip dari groovyhistory pabrikan clackers sempat melakukan perubahan dengan membuat mainan tersebut dari bahan yang lebih aman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat