bdadinfo.com

Deretan Peristiwa Penting yang Terjadi 5 Januari - News

Hari jadi Korps Wanita TNI Angkatan Laut 5 Januari (Istimewa)

 – Setiap hari selalu ada hari yang patut untuk diperingati atau sekadar untuk diketahui. Karena hari-hari yang telah lalu, berarti sudah menjadi catatan sejarah. Seperti pada tanggal 5 Januari ini.

Lantas momen apa sajakah yang terjadi pada 5 Januari? Berikut ulasannya:

- Peringatan Hari Korps Wanita Angkatan Laut

Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) dicetuskan oleh Komodor Yos Sudarso, bukan sebuah ide yang muncul tiba-tiba, tetapi karena dirasakan adanya beberapa bidang yang lebih tepat bila diisi oleh kaum wanita.

Apalagi Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD) yang merupakan bagian dari kesatuan seluruh TNI, yaitu TNI AD, sudah lahir lebih dulu pada tahun 1960. Sehingga hal yang wajar bila kebutuhan akan KOWAL di TNI AL selayaknya juga harus dipenuhi.

Baca Juga: Gabung Al Nassr, Ronaldo Tendang Tangan Kanannya Ini, Padahal 20 Tahun Setia Bersama Lho

Bergabungnya wanita ke dalam dunia militer, menandai bahwa telah terjadi tren positif di sana, karena wanita dilibatkan pada bidang yang erat dengan hal-hal maskulin. Sebab, selama ini wanita hanya dipandang sebagai pribadi yang cukup berkutat pada dapur dan kasur.

Atas usul Yos Sudarso, Laksamana R.E. Martadinata selaku menteri/Panglima Angkatan Laut kala itu, mengeluarkan surat keputusan Men/Pangal No. 5401.24 tanggal 26 Juni 1962 tentang pembentukan Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL).

Kemudian surat tersebut ditindaklanjuti dengan penerimaan calon KOWAL sebanyak 12 orang. Lalu, pada 5 Januari 1963, pelantikan anggota KOWAL pertama dilakukan oleh Kasal Laksamana Muda R.E. Martadinata di Markas Besar Angkatan Laut, tanggal inilah yang ditetapkan sebagai hari jadi KOWAL.

- Hari Kelima dalam Kalender  Gregorian

Tanggal 5 Januari merupakan penanda bila masih tersisa 360 hari untuk menuju pergantian tahun yang baru dalam kalender masehi atau kalender Gregorian atau dengan kata lain adalah hari ke lima dalam kalender Gregorian.

Kalender Gregorian merupakan penyempurnaan sistem penanggalan dari kalender Julian yang dilakukan oleh Dr. Aloysius Lilius dan disetujui oleh Paus Gregorius XIII.

- Peringatan Hari Jadi Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya memiliki perjalanan yang cukup panjang untuk menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang diakui di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat