bdadinfo.com

2 Pemimpin Negara Ini Ternyata Keturunan Indonesia, Salah Satunya Memiliki Darah Minangkabau. - News

Yusfo Ishak (wikipedia)

- Sejatinya terdapat beberapa tokoh pemimpin negara yang memiliki keturunan Indonesia. Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.

Jelas Indonesia mempunyai paling tidak sedikit pengaruh terhadap dunia. Salah satunya tokoh yang menjadi pemimpin di sebuah negara tetapi memiliki darah keturunan dari Indonesia.

Kedua tokoh tersebut adalah pemimpin dari negara Malaysia dan Singapura, yang secara geografis memang berdekatan dengan Indonesia dan memiliki rumpun yang sama dan kebudayaan yang tidak jauh berbeda. Siapakah pemimpin tersebut, yuk simak!.

1. Najib Razak

Perdana Menteri Malaysia yang ke-6 merupakan orang yang memiliki keturunan Indonesia. Orang tersebut adalah Najib Razak, ia menjadi Perdana Malaysia sejak 2009 hingga 2018 atau lebih detailnya adalah 9 tahun 37 hari.

Baca Juga: Kompetisi Liga 2 Resmi Dihentikan, Putra Siregar : Nyesek Dada Ini

Najib Razak memiliki darah keturunan Indonesia, kedua orangtuanya bahkan berasal dari Indonesia, sang ayah yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan sedangkan ibunya dari Bima, Nusa Tenggara Barat.

Najib Razak juga merupakan keturunan dari Raja Gowa kesembilan belas yang leluhurnya membuka perkampungan di tanah Malaysia bernama Kampung Mengkasar.

2. Yusof Ishak

Yusof Ishak lahir 12 Agustus 1910 – 23 November 1970 di Kampung Padang Gajah, Terong, Taiping, Perak Darul Ridzuan, dulu merupakan bagian wilayah dari Federal Malaysia yang kini telah menjadi Malaysia.

Baca Juga: Kenali Kandungan Jajajan Cikibul, Apakah Nitrogen Cair Boleh Dikonsumsi Langsung?

Yusof Ishak merupakan Presiden pertama Singapura setelah wilayah Singapura terlepas dari Federasi Malaysia dan berubah menjadi negara republik pada 9 Agustus 1965. Ia menjabat sebagai presiden dan yang menjadi Perdana Menteri adalah Lee Kuan Yew.

Yusof Ishak Memiliki nama lengkap Encik Yusof bin Ishak, mantan presiden Singapura tersebut memiliki darah Indonesia yang juga diturunkan dari kedua orang tuanya.

Ishak, sang ayah merupakan pria asal Minangkabau yang merantau ke Malaysia. Sedangkan ibunya berasal dari Sumatera Utara yakni Kabupaten Langkat.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat