bdadinfo.com

Presiden Vietnam Mengundurkan Diri Karena Pejabatnya Korupsi. Rizal Ramli: Kapan Si Doi Mau Niru ya? - News

SS Twiter Rizal



- Baru-baru ini informasi beredar bahwa Presiden Vietnam mengundurkan diri pada selasa 17 januari 2023.Pengunduran itu dilakukan diduga karena dua pejabat tinggi  partai komunis terjerat kasus korupsi.

Pengunduran diri Nguyen Xuan Phuc terjadi setelah dua pejabat tinggi partai dipecat di tengah penyelidikan suap terkait penerbangan repatriasi dan produksi alat tes Covid-19.

Keduanya adalah mantan diplomat Pham Binh Minh dan Vu Duc Dam yang memimpin tim tanggap Covid-19 di bawah pemerintahan Nguyen Xuan Phuc saat menjadi PM Vietnam.

Dirangkum oleh Haluanharian. Com dari berbagai  media berita Vietnam,Xuan Phuc meninggalkan posisi Presiden Negara pada usia 69, setelah hampir dua tahun di posisi ini. Dia adalah Presiden pertama yang mengambil cuti jangka menengah sejak 1976.

Menurut UUD 2013 negara Komunis tersebut, Presiden menjabat sebagai Ketua Dewan Pertahanan dan Keamanan Nasional. Oleh karena itu, ketika Majelis Nasional memberhentikan Presiden, Phuc tidak lagi menjabat sebagai Ketua Dewan Pertahanan dan Keamanan Nasional.

Pengunduran diri tersebut, Xuan Phuc umumkan setelah banyaknya rumor yang beredar terkait dirinya akan dipecat di tengah operasi anti korupsi yang menyebabkan sejumlah menteri dipecat.

Baca Juga: Siap-Siap Kaget! Inilah Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S23 Ultra

Pengunduran Xuan Phuc dilakukan setelah dua Wakil Perdana Menteri (PM) Vietnam, Pham Binh Minh dan Vu Duc Dam pada bulan ini terkait operasi bersih-bersih dari korupsi yang menyebabkan puluhan pejabat ditangkap di negara yang menganut ideologi komunis tersebut.

Phuc juga disebut mengundurkan diri setelah Partai Komunis yang berkuasa menyalahkan dirinya atas 'pelanggaran dan kesalahan' yang dilakukan para pejabat di bawah kendalinya semasa dia menjabat PM Vietnam pada periode 2016-2021.

 Rizal Ramli pun memberikan tanggapan berita Pengunduran diri  Presiden Vietnam itu pada akun Twitternya.

“Luar Biasa Hebat, Standar etika dan Governance sangat tinggi bagai negara maju. Kapan Si Doi mau Niru ya? Tulis Pria kelahiran Padang itu Rabu 18 Januari 2023

Rizal Ramli tidak menjelaskan secara rinci kepada siapa tujuan cuitan itu ia buat. Namun Para Netizen menduga itu ditujukan kepada Presiden Jokowi. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat