bdadinfo.com

Jamu PM Timor Leste di Istana Bogor, Jokowi Singgung SDM Hingga Wilayah Perbatasan - News

Jokowi menjamu PM Timor Lesti di Istana Bogor

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi dari Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor Leste, Taur Matan Ruak, di Istana Bogor.

Dalam pertemuan itu Jokowi singgung persoalan sumber daya manusia (SDM) hingga wilayah perbatasan.

Presiden Jokowi menitikberatkan pembahasan mengenai pengembangan kawasan ekonomi di wilayah perbatasan kedua negara. Selain itu, kedua pemimpin bersepakat untuk mendorong pembentukan perjanjian kerja sama investasi bilateral.

Baca Juga: Ini yang Bikin Ferdy Sambo Divonis Hukuman Mati

Usai pertemuannya dengan PM Timor Leste, Presiden Jokowi memberikan pernyataan pers bersama PM Taur Matan Ruak, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 13 Februari 2023.

“Kita berkomitmen untuk mengintensifkan pembahasan mengenai pengembangan kawasan ekonomi di wilayah perbatasan antara NTT [Nusa Tenggara Timur] dan Oecusse.

“Dan, untuk mendukung kerja sama ekonomi khususnya pengembangan kawasan ekonomi di wilayah perbatasan, kita sepakat untuk mendorong dimulainya perundingan pembentukan Bilateral Investment Treaty,” jelas Jokowi.

Baca Juga: Hasil Riset, Oppo Jadi Merek Ponsel Paling Diminati di Akhir Tahun 2022

Dalam pernyataan persnya, Jokowi pun menekankan pentingnya kerja sama ekonomi yang terjalin antara Indonesia dan Timor Leste.

Presiden juga berkomitmen untuk terus mengukuhkan kerja sama di antara kedua negara

“Saya menyambut baik terus meningkatnya hubungan perdagangan kedua negara,” katanya.

Baca Juga: Hasil Riset, Oppo Jadi Merek Ponsel Paling Diminati di Akhir Tahun 2022

Jokowi juga membeberkan perihal upaya dalam meningkatkan konektivitas darat, antara lain melalui peluncuran perdana trayek bus rute Kupang-Dili.

“Secara khusus, saya juga mendorong agar biaya logistik transportasi laut untuk kegiatan bisnis dapat diturunkan,” ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat