bdadinfo.com

Pasar Cik Puan Pekanbaru Kebakaran, Hampir Seluruh Kios Milik Pedagang Hangus Terbakar - News

Ilustrasi kebakaran. Pasar Cik Puan Pekanbaru Alami Kebakaran, Hampir Seluruh Kios Milik Pedagang Hangus Terbakar (IST)

- Telah terjadi kebakaran di Pasar Cik Puan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada Minggu, 19 Februari 2023 pukul 15:30 WIB kemarin.

Musibah kebakaran Pasar Cik Puan Pekanbaru terjadi pada saat aktivitas para pedagang masih aktif berjualan di sore hari.

Pasar Cik Puan merupakan salah satu pasar tradisional tertua dan masih ada di Pekanbaru. Di dalamnya ada pedagang emas, pedagang kedai harian, pakaian, sayur mayur, rempah rembah bubu dapur, toko beras, daging dan lainnya.

Baca Juga: Diduga Aniaya Anak Autis, Terapis di Depok Kini Tersangka, Tidurnya Terganggu dan Digigit Pemicunya

Dilansir News dari Okezone.com, kebakaran yang terjadi sontak membuat para pedagang yang masih melakukan aktivitas berjualan menjadi panik serta berupaya menyelamatkan barang dagangannya masing-masing ke tempat yang aman.

Koordintor Pasar Cik Puan bernama Sutan menjelaskan bahwa total kios yang digunakan untuk berjualan sebanyak 500 toko.

"Di sini ada sekitar 500 kios pedagang, hanya beberapa kios saja yang tidak terbakar," ujar Sutan, dikutip dari Sindonews.com pada 20 Februari 2023.

Bangunan kios yang menggunakan material kayu menjadi penyebab kobaran api melebar dengan cepat ke seluruh isi pasar.

Baca Juga: Sekjen PDIP Hasto Ingatkan SBY, Dulu Partai Demokrat Ubah Sistem Pemilu Saat Tahapan Berlangsung

Petugas setempat berupaya untuk melakukan penyekatan di beberapa titik api agar kebakaran tidak meluas, karena di kawasan pasar merupakan tempat padat penduduk.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru, Burhan Gurning menuturkan bahwa ia bersama tim mengerahkan segala upaya dan kekuatan untuk melakukan pemadaman api agar cepat padam.

"Kita kerahkan semua mobil pemadaman yang ada. Penyebab kebakaran belum diketahui. Kita fokus penanggulangan dulu serta melakukan penyekatan api agar tidak merembet ke tempat lain," ujar Burhan.

Dilansir News dari Antaranews, sebanyak 10 unit mobil Damkar (Pemadam Kebakaran) dikerahkan untuk memadamkan api. Satu jam kemudian api baru berhasil dijinakkan.

"Armada dari tiap pos kita turunkan mengantisipasi proses pemadaman sehingga air tak putus. Kini kami fokus melakukan pendinginan untuk memastikan tak ada lagi api-api kecil," imbuh Burhan, dikutip dari antaranews.com pada 20 Februari 2023.

Belum dipastikan lagi, apa penyebab utama dari kebakaran tersebut. Namun bisa dipastikan bahwa ada hampir seluruh kios hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat