bdadinfo.com

Kawasan Ekowisata Nagari Limau Gadang Lumpo Dikembangkan Jadi Wisata Atraksi - News

Potensi ekowisata yang ada di Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai

PESISIR SELATAN, - Pemerintah Pesisir Selatan (Pessel) akan mengembangkan potensi ekowisata yang ada di Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai. Jika dikelola dengan baik, kawasan ini mampu menarik kunjungan para wisatawan. Hal itu disampaikan Walinagari Limau Gadang Lumpo, Nasrul Datuak Rajo Bagindo, Kamis (12/8/2021).

Ia juga menyambut positif program pengembangan kawasan ekowisata oleh BBTNKS dan Pemkab Pessel. Nagari ini dinilai memiliki potensi besar di sektor pariwisata salah satunya wisata atraksi arung jeram.

Menurut Nasrul, aliran sungai yang mengalir disepanjang nagari ini sangat potensial dikembangkan sebagai wisata atraksi. Oleh karena itu perlu adanya pemahaman kepada masyarakat akan potensi tersebut sehingga pengembangannya mampu membawa dampak ekonomi.

"Selain wisata arung jeram, kegiatan lainnya yang bisa dilakukan seperti camping, hiking, memotret, santai menikmati pemandangan alam, pendidikan konservasi, rekreasi, penelitian ilmiah, pendidikan lingkungan, identifikasi flora dan fauna," ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo mengungkapkan, potensi wisata yang ada di Nagari Limau Gadang Lumpo seperti Batu Biduak yang telah melegenda, Camping Ground, Pemandian Alam Lubuk Panjang, Air Terjun Lumpo dan beberapa ngalau. Objek wisata tersebut saling berdekatan dan mempunyai keindahan dan unik.

Kabupaten Pesisir Selatan juga memiliki sejumlah aliran sungai yang bisa dikembangkan menjadi kawasan wisata arung jeram, sebab kondisi sungainya berbatu besar dan curam serta menantang. Ke depan, potensi sungai tersebut perlu dikelola dengan maksimal menjadi lokasi wisata arung jeram.

"Secara bertahap sarana dan prasarana untuk mendukung wisata arung jeram mesti dtingkatkan seperti akses jalan menuju sungai. Di mana salah sungai itu berada di Nagari Limau Gadang Lumpo," ungkapnya. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat