bdadinfo.com

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 23 24 Kelas 8 Kurikulum 2013 Bentuk Kesalahan dalam Unsur Teks Berita - News

Kegiatan 1 Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 23 24 Kurikulum 2013

- Kunci jawaban berikut dikutip dari Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII edisi revisi 2017 karya E. Kosasih Kurikulum 2013.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 Bab 1 Kegiatan 1.10 halaman 23 24 ini memuat materi tentang bentuk kesalahan unsur-unsur berita dari teks dan saran perbaikannya.

Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8 Kurikulum 2013 ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Halaman 95 96 Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Kegiatan 1.10

A. 1. Bacalah sebuah berita, baik dari surat kabar, majalah, maupun dari internet!

a. Perhatikanlah keefektifan judulnya!

Kunci jawaban: 'Sebanyak 16 Unit Damkar Padamkan Api yang Bakar Dua Rumah di Cipete Utara' kurang efektif sehingga sebaiknya judulnya adalah 'Belasan Unit Damkar Padamkan Dua Rumah Terbakar di Cipete Utara'

b. Perhatikan pula kelengkapan unsur-unsur berita tersebut!

c. Cermati pula struktur ataupun susunannya serta penggunaan bahasanya!

2. Lakukanlah perbaikan terhadap bagian-bagian yang dianggap salah di dalam teks tersebut secara berkelompok!

Bentuk Kesalahan Saran Perbaikan
Kebakaran ini sempat membuat lalu lintas di sekitar lokasi menjadi macet. Kebakaran tersebut mengakibatkan kemacetan lalu lintas di sekitarnya.
Dua rumah yang terbakar tersebut berlokasi di kawasan perkampungan Jalan Haji Jian, Cilandak Utara, Jakarta Selatan. Lokasi tepatnya kebakaran itu di Jalan Haji Jian, Cilandak Utara, Jakarta Selatan.
Enam belas unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Mobil-mobil itu menyebar dan berusaha menjangkau lokasi kebakaran dari segala penjuru mata angin, mencari jalan tercepat. Akibatnya, macet tak terelakkan. Sebanyak 16 unit damkar dikerahkan menuju lokasi. Dengan menyebar ke segala penjuru arah, mobil-mobil itu berusaha menjangkau lokasi kebakaran secepatnya. Namun, malah berakibat jalanan macet. 
Dendi menyatakan dua rumah yang terbakar itu berhasil dipadamkan dan sekarang sedang dilakukan pendinginan. Beruntung tak ada korban jiwa dari kebakaran ini. Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan oleh petugas Dendi pun menyatakan kebakaran di dua rumah itu berhasil dipadamkan dan sekarang sedang dilakukan pendinginan. Beruntung, tak ada korban jiwa. Namun, penyebab kebakaran belum bisa dipastikan oleh petugas.

Baca Juga: Kunci Jawaban SKM Bahasa Indonesia Kelas 11 Grasindo Makna Kalimat, Intisari, Puisi dan Pantun

Itulah kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 Bab 1 Kegiatan 1.10 halaman 23 24 Kurikulum 2013 tentang bentuk kesalahan unsur-unsur berita dari teks dan saran perbaikannya. Semoga bermanfaat.

*) Kunci jawaban hanyalah sebagai referensi belajar, siswa dan orang tua dapat mengeksplorasi jawaban yang lebih baik dari sumber yang tepercaya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat