bdadinfo.com

Kunci Jawaban SBK Kelas 8 Halaman 96 Seni Budaya Kurikulum 2013 Uji Kompetensi Bab 6 Musik Iringan Tari - News

Uji Kompetensi Seni Budaya SBK kelas 8 halaman 96

Kunci jawaban SBK berikut dikutip dari Seni Budaya Kelas VIII SMP/MTs edisi revisi 2017 Kurikulum 2013 karya Eko Purnomo, dkk.

Kunci jawaban Seni Budaya kelas 8 Bab 6 halaman 96 ini memuat materi Uji Kompetensi tentang fungsi dan jenis musik pada iringan tari serta keterkaitannya dengan gerak tari.

Kunci jawaban Seni Budaya kelas 8 Kurikulum 2013 ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 7 Halaman 45 46 Teknik Memainkan Alat Musik Tradisional Kurikulum 2013

Uji Kompetensi

Setelah mempelajari konsep tentang iringan tari, jawab pertanyaan di bawah ini.

1. Jelaskan fungsi musik pada tari!

Kunci jawaban: Musik berperan penting sebagai iringan tari dan membantu menentukan dan memilih atau membuat iringan sesuai dengan tema yang diinginkan, serta membantu melakukan eksplorasi gerak.

2. Jelaskan jenis musik pada iringan tari!

Kunci jawaban: Ada dua bentuk iringan yaitu pentatonis dan diatonis. Pentatonis adalah iringan yang bersumber pada alat-alat musik tradisi, sedangkan diatonis bersumber pada alat-alat musik modern. Namun, pada perjalanan waktu kedua jenis notasi musik ini sering berdampingan untuk mengiringi tarian. Jadi setiap dalam musik memiliki dua notasi tersebut.

3. Jelaskan keterkaitan antara musik iringan dengan gerak tari!

Kunci jawaban: Musik iringan tari dipilih berdasarkan gaya dan bentuknya. Dalam tarian tradisi di Indonesia, pelaksanaannya sellau diiringi oleh musik-musik daerah yang bersangkutan, memiliki bentuk dan gayanya yang khas, musiknya selalu tampak serasi dengan gaya dan bentuk tariannya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 9 Halaman 159 Kurikulum 2013 Jenis Karya Seni Grafis, Teknik dan Bahannya

Itulah kunci jawaban SBK Seni Budaya kelas 8 Kurikulum 2013 Uji Kompetensi halaman 96 tentang musik pada iringan tari dan keterkaitannya dengan gerak tari. Semoga bermanfaat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat