bdadinfo.com

Waduh! Dimiliki Satu Grup, Manchester City dan Girona Dilarang Tampil di Liga Champions? Ini Penjelasannya - News

Para pemain Girona.  (dok. Sporting News)

- Tim Spanyol Girona sedang tampil apik di LaLiga hingga mampu memuncaki klasemen, mengangkangi Barcelona dan Real Madrid. Girona juga berpeluang tampil di Liga Champions musim depan.

Namun, Girona terancam absen jika saudara satu grup mereka di Inggris, Manchester City, juga lolos ke Liga Champions musim depan.

Meski begitu, masih ada peluang Girona dan Manchester City tampil bersama di Liga Champions Musim 2024/2025. Dilansir dari AS, Sabtu, 23 Desember 2023, ini penjelasannya.

Baca Juga: Baca Sebelum Beli! Ini Bocoran Perbandingan Spesifikasi Redmi Note 13, Redmi Note 13 Pro, dan Redmi Note 13 Pro Plus, Jangan Sampai Salah!

Girona dan Manchester City adalah dua klub yang berada di bawah naungan City Football Group di mana Abu Dhabi United Group yang berbasis di Emirat memiliki 81% saham.

Sementara sisa saham dimiliki oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Silver Lake, sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Palo Alto dengan investasi di berbagai bidang.

Selain itu, ada persentase kepemilikan kecil yang dipegang oleh perusahaan-perusahaan Cina, China Media Capital dan CITIC Capital.

Baca Juga: Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 288-291 Penilaian Pengetahuan Bab 9: Ketentuan Pernikahan dalam Islam

UEFA pun sempat melarang dua klub yang punya kepemilikan bersama tampil di ajang Liga Champions. Peraturan UEFA itu berbunyi:

"Tidak ada klub, baik secara langsung maupun tidak langsung, memegang atau bertransaksi dalam sekuritas atau saham klub lain yang berpartisipasi dalam kompetisi klub UEFA; tidak ada klub yang menjadi anggota klub lain yang berpartisipasi dalam kompetisi klub UEFA; tidak ada seorang pun yang memiliki kekuasaan apa pun atau secara simultan terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam kapasitas apa pun dalam manajemen, administrasi, dan/atau performa olahraga lebih dari satu klub yang berpartisipasi dalam kompetisi klub UEFA; dan tidak ada seorang pun yang memiliki kontrol atau pengaruh yang menentukan terhadap lebih dari satu klub di dalam kompetisi klub UEFA."

Baca Juga: Rayakan Hari Jadi Kota Bersama Masyarakat, Pemko Bukittinggi Gratiskan Objek Wisata

Namun, UEFA telah membuka pintu untuk kepemilikan bersama per 7 Juli 2023 lalu karena adanya beberapa klub dengan pemilik yang sama di kompetisi Eropa untuk musim 2023-2024.

Pesiden UEFA, Aleksander Ceferin, memberikan persetujuan untuk kepemilikan bersama, dengan nuansa tertentu.

Dalam nuansa inilah prospek Girona dan Manchester City untuk berpartisipasi bersama dalam kompetisi Eropa, khsusnya Liga Champions, berada.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat