bdadinfo.com

Sergio Perez Resmi Dihukum Penalti Turun 3 Grid untuk GP Berikutnya, Dirinya Sudah Minta Maaf Serta Inilah Peraturan FIA yang Dilanggar saat GP Kanada - News

Sergio Perez harus out dari GP Kanada karena tabrakan yang merusak sayap belakangnya

- Pembalap Red Bull Racing, Sergio Perez harus out dari GP Kanada karena dirinya menabrak dinding pada lap 53 atau 17 lap menjelang akhir balapan.

Beda nasib dengan rekan setimnya, Max Verstappen yang bangga karena menang dalam balapan tersebut, pembalap yang akrab disapa Checo justru bernasib buruk.

Pembalap Meksiko itu start ke 16 karena gugur di Q1. Saat balapan dimulai, Checo mengalami kerusakan sayap depan karena kontak dengan Pierre Gasly.

Baca Juga: Siap Rangkul Ninik Mamak Bangun Kota, Calon Walikota Padang Fadly Amran Kunjungi KAN Koto Tangah

Beberapa lap kemudian, Checo spin hingga menabrak dinding sehingga mobilnya mengalami kerusakan sayap belakang.
Meskipun itu, ia diberitahu timnya untuk membawa mobil RB20-nya masuk pitstop untuk menyudahi balapan.

Namun, stewards menginvestigasi bahwa pembalap Meksiko itu dituduh membawa mobilnya dalam keadaan rusak meski bagian sayap belakangnya masih ada.

Akibat kerusakan sayap belakang di mobil Checo itu, sejumlah bagian serat karbon berserakan di bagian sirkuit maupun jalur masuk pitstop.

Baca Juga: Dukung Penggunaan Energi Ramah Lingkungan, PLN-KLHK Resmikan SPKLU Hingga Konvoi Motor Listrik

Atas keputusan dirinya maupun timnya yang dinilai membahayakan, stewards dengan tegas harus menghukum Sergio Perez dengan penalti turun 3 grid di GP Spanyol pada 23 Juni mendatang

Dikutip dari Sporting Regulations yang dibuat oleh FIA, Sergio Perez yang membawa mobilnya dalam keadaan rusak parah dinilai telah melanggar pasal 26.10.

Pasal tersebut berbunyi jika pembalap mengalami kerusakan yang serius, maka dia harus meninggalkan trek dengan segera selama masih aman untuk dilakukan.

Baca Juga: Komisi VI DPR RI minta Telkom dan Pemerintah Antisipasi Dampak Kehadiran Starlink, Begini Kekhawatirannya

Tidak hanya Sergio Perez, timnya juga dikenai hukuman berupa denda 25.000 euro (Rp437,7 juta). Hukuman yang harus diterima Checo tersebut dijatuhkan karena implikasi keselamatan dari insiden itu.

Masalah serupa yang dialami Checo pernah dilakukan oleh mantan pembalap F1 asal Jerman, Sebastian Vettel dengan tim yang sama pada 15 tahun lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat