bdadinfo.com

Semifinal Piala AFF 2022 Jadi Ajang Adu Kekuatan Tiga Pelatih Asal Korea Selatan - News

Shin Tae Yong (kiri), Park Hang Seo (tengah), dan Kim Pan Gon (kanan) adalah pelatih asal Korea Selatan yang bertemu di semifinal Piala AFF 2022.   (Kolase Instagram.com )




- Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand berhasil lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Tak disangka, tiga dari empat pelatih  punya hubungan yang unik.

Semifinal Piala AFF 2022 nanti akan menjadi momen adu kekuatan antara Shin Tae Yong, Park Hang Seo, dan Kim Pan Gon. Masing-masing dari mereka melatih Timnas Indonesia, Vietnam, dan Malaysia.

Taktik permainan dari ketiga pelatih akan menjadi salah satu hal yang banyak dibandingkan di semifinal Piala AFF 2022. Hal itu karena mereka sama-sama berasal dari Korea Selatan.

Beberapa media Korea Selatan juga turut menjadikan momen perhelatan sepak bola negara ASEAN ini sebagai topik berita dengan keberadaan tiga pelatih unggulan tersebut.

Bahkan salah satu stasiun TV Korea Selatan, yakni SBS, menjadi kanal yang ikut menayangkan pertandingan secara langsung sejak fase grup Piala AFF 2022.

Shin Tae Yong, mantan gelandang serang Korea Selatan yang dijuluki ‘Rubah Lapangan’. Perjalanan kariernya sebagai profesional bahkan diawali dengan memenangkan K-League Young Player of The Year Award pada 1992.

Baca Juga: Maraknya Kasus Bullying di Pesantren Malang, KemenPPPA Ambil Langkah Tegas untuk Pencegahan

Pensiun pasca cedera pergelangan kaki di tahun 2005 tak menghentikan langkahnya di dunia sepak bola.

Pria yang kini berusia 52 tahun itu lantas mengambil kesempatan sebagai asisten pelatih, hingga menjadi pelatih Timnas Korea Selatan sebelum akhirnya bertekad mengawal Skuad Garuda di tahun 2019.        

Bersama Shin Tae Yong, Timnas Indonesia terus berkembang dengan menjadi Runner-up Piala AFF 2020, meraih perunggu SEA Games 2021, dan terakhir membawa Indonesia lolos Piala Asia 2023 U-20.

Dengan perbaikan itu, Indonesia merangkak naik sebanyak dua puluh peringkat FIFA dalam waktu kurang dari satu tahun.

Sementara itu, sepak terjang Park Hang Seo bersama Timnas Vietnam juga tak main-main dengan menyabet berbagai prestasi.

Mantan kapten Timnas Korea Selatan U-20 itu mengawal Vietnam hingga final Piala Asia U-23 2018, semifinal Asian Games 2018, serta meraih emas dalam SEA Games sebanyak dua kali, yakni 2019 dan 2021.

Tak hanya itu, Vietnam menjuarai Piala AFF di bawah taktiknya, serta lolos kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia babak ketiga.

Fakta unik lainnya adalah Park Hang Seo pernah menjadi pelatih fisik Timnas Korea Selatan pada 1992 dengan Shin Tae Yong sebagai salah satu pemain yang ia latih.

Untuk diketahui, kontrak Park Hang Seo dan Timnas Vietnam akan segera berakhir. Pertandingan Indonesia vs Vietnam di semifinal menjadi yang terakhir untuknya.

Selain Shin Tae Yong dan Park Hang Seo, keberadaan Kim Pan Gon bersama Timnas Malaysia juga mencuri perhatian. Turnamen ini menjadi  Piala AFF 2022 pertama baginya.

Meski baru bergabung dengan Malaysia pada Januari 2022, Kim Pan Gon berhasil membawa pasukan Harimau Malaya itu lolos kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga: Song Joong-Ki Sudah Beberapa Kali Bekerja dengan Jo Han Chul, Akan Dipertemukan Kembali Dalam Drama Baru

Dengan begitu, sepertinya Kim Pan Gon akan mengerahkan seluruh kemampuannya bersama Timnas Malaysia dalam semifinal nanti.
Di sisi lain, pelatih Thailand tak boleh dilupakan. Alexandre Polking, seorang pelatih kelahiran Brasil yang sukses membawa pasukan Gajah Perang menjadi juara AFF 2020. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat