bdadinfo.com

Kenali Sebelum Membeli! Ini Dia Perbedaan Prosesor Core i3, i5, dan i7 Dari Sisi Performanya - News

Ilustrasi Intel Core i7 (Pexels @Jordan Harrison)

- Untuk membantu kinerja suatu perangkat komputer, sebuah perusahaan intel telah menyediakan Core i3, Core i5, dan Core i7 sebagai tiga jenis prosess komputer.

Prosesor sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah perangkat komputer, hal itu karena prosesor bekerja dengan cara menerima perintah dari pengguna, kemudian meneruskannya ke hardware lain.

Itu mengapa prosesor dikenal sebagai otak komputer.

Baca Juga: 10 Rekomendasi HP RAM 8 GB, Harga di Bawah Rp 2 Juta dengan Spesifikasi Top

Baca Juga: Bikin Salting! Rumah Tingkat Dua Rafael Alun di Manado Hanya Bayar Pajak Rp300 Ribu, Ini Alasannya

Sebagai otak dari perangkat komputer, prosesor dituntut memiliki spesifikasi yang mumpuni agar kinerja komputer bisa berjalan dengan baik.

Sehingga tak heran jikalau spesifikasi prosesor menjadi sorotan utama dan penting bagi setiap pengguna sebelum memutuskan membeli komputer maupun laptop.

Semua prosesor, baik itu core i3, i5, dan i7 ternyata memiliki arsitektur dan teknologi yang berbeda-beda.

Adapun teknologi tersebut diantaranya adalah Turbo Boost, merupakan kemampuan untuk meningkatkan clockspeed pada CPU atau yang biasa dikenal dengan sebutan over clocking secara otomatis.

Kemampuan tersebut secara tidak langsung membuat komputer dapat mematikan satu atau dua engine lainnya agar memberikan ruang lebih besar pada CPU, sehingga hal tersebut otomatis membuat prosesor bisa bekerja dengan lebih keras.

Baca Juga: Mino WINNER Akan Segera Wamil, YG Entertainment Beberkan Tanggalnya di Akhir Maret

Terlepas dari itu, banyak dari pengguna yang salah kaprah, dan menyangka bahwa inisial i3, i5, dan i7 mengidentifikasikan pada jumlah prosesor yang terdapat pada komputer.

Misalnya, i3 berarti di dalamnya terdapat tiga prosesor, i5 dengan lima prosesor, dan i7 memiliki 7 prosesor. Padahal, pernyataan tersebut sama sekali tidak bersangkutan dengan itu.

Inisial core i3, i5, dan i7 ternyata lebih mengarah pada kemampuan yang dimiliki oleh prosesor, seperti halnya dipengaruhi oleh cache, support memori dan lain-lainnya.

Maka demikian, agar tidak keliru lagi, maka alangkah baiknya bagi pengguna untuk mengetahui perbedaan-perbedaan core i3, i5 dan i7 pada komputer. Berikut adalah ulasannya;

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat