bdadinfo.com

 Processor Intel dan AMD Jelas Beda,  Yuk Simak Ulasannya - News

Ilustrasi. (www.freepik.com)

- Processor adalah 'otak'-nya komputer dan laptop. Tanpa itu, perangkat ini tidak bisa hidup ya pastinya.

Secara rinci pengertian dari prosesor yaitu sebuah komponen IC yang dapat mengontrol semua proses pada sebuah komputer, dan laptop.

Sudah ada yang tau nggak sih cara kerja prosesor itu bagaimana? nah, kecepatan processor dapat dilihat dari kecepatan dalam melakukan pemrosesan data dengan satuan Hertz atau disingkat Hz. Dalam penggunaan prosesor pada komputer atau pc sekarang ini sudah memiliki 2 tipe processor, yaitu Intel dan AMD.

Baca Juga: Review Laptop Gaming Premium Razer Blade 16, si Monster dengan GeForce RTX 4090 dan Layar Mewah

Meski sesama processor, Intel dan AMD memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti contohnya untuk segi ketahanan yang akan digunakan untuk berjam-jam atau berhari-hari lebih baik menggunakan Intel.
Sedangkan AMD lebih baik digunakan untuk bermain game. Karena apa? ya karena AMD lebih baik dalam grafik untuk bermain game.

Dilansir dari dewaweb.com, sebelum membeli laptop kita harus mengenal terlebih dahulu apa sih perbedaan processor dari Intel dan AMD, yuk kita ulas satu persatu.

Processor AMD
AMD adalah singkatan dari Advanced Micro Devices, yang dimana AMD pertama kali ditemukan sejak tahun 1969, dan semenjak itu AMD berkontribusi aktif di dunia komputer, hingga saat ini AMD lebih banyak memproduksi prosesor.

Pada masa ini, AMD menawarkan teknologi processor adaptif yang menggabungkan CPU, GPU, FPGA, hingga Adaptive SoCs.

Baca Juga: Cara Memunculkan Emoji di Laptop, Mudah Cuma Tekan Kombinasi Keyboard Ini!

Processor Intel
Seperti yang kita ketahui, nama Intel telah dikenal dari awal processor pentium, pasti masih pada ingatkan anak 90-an dengan prosesor pentium ini. Intel adalah perusahaan teknologi yang berasal dari Amerika dengan memasarkan produk processor yang paling diminati oleh penjuru dunia.

Processor Intel digunakan untuk tujuan bisnis ataupun penggunaan pribadi, seperti gaming, pembuatan konten, IoT, Artificial Intelligence, dan banyak lagi. Processor Intel ini mendukung berbagai perangkat mulai dari laptop, desktop, workstation, dan server.

Perbedaan Utama AMD dan Intel

- Performa
Dengan laptop yang performanya cepat, kalian bisa membuka berbagai aplikasi dengan cepat tanpa perlu menunggu waktu yang lama. Untuk sisi kecepatan sendiri, ada satu tes benchmark yang memperlihatkan kalau Intel lebih cepat dibandingkan dengan AMD. Walau tetap tidak kalah telak, tapi dalam tes ini, Intel lebih unggul.

- Grafis game
Kekuatan processor sangatlah penting dalam bermain game, agar bisa berjalan lancar, tanpa adanya gangguan. Pada bermain game ini grafis sangatlah diperlukan, AMD terbukti lebih kuat dibandingkan Intel. Hal ini dikarenakan kinerja AMD tetap bertahan di posisi yang sama walaupun suhu laptop meningkat.

Baca Juga: 6 Daftar Kuliner Khas Danau Toba yang Harus Dicoba, Nomor 4 Ada Sashimi Batak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat