bdadinfo.com

Mengenal Madzas, Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi yang Dikembangkan Oleh Dosen Sekolah Vokasi IPB - News

Tampilan aplikasi Madsaz yang identik dengan warna biru

 

- Aplikasi adalah perangkat lunak komputer yang digunakan untuk melakukan suatu tugas tertentu yang bisa membantu kehidupan manusia. Di era digital seperti sekarang ini, aplikasi semakin beragam mengikuti kebutuhan manusia yang tiada habisnya.

Salah satu jenis aplikasi yang mulai diminati banyak orang adalah aplikasi penterjemah tangisan bayi. Aplikasi ini berfungsi untuk mememperjelas apa maksud dari tangisan yang dikeluarkan oleh bayi, apakah karena lapar, kepanasan, atau hal lainnya.

Belum lama ini, salah seorang dosen program studi Rekayasa Perangkat Lunak Sekolah Vokasi IPB (Institut Pertanian Bogor) yang bernama Medhanita Dewi Rinanti mengembangkan aplikasi penterjemah bayi yang diberi nama Madzas.

Baca Juga: Gita Savitri Pernah Sebut Childfree Bikin Awet Muda, Benarkah? Ini Faktanya Menurut Hasil Penelitian

Aplikasi berlogo seorang anak bayi yang tengah menangis dengan latar belakang berwarna biru muda ini menggunakan algortima machine learning sebagai media untuk mengolah informasi tangisan bayi yang direkamnya.

Medhanita Dwi Rinanti juga mengungkapkan bahwa aplikasi ini bisa menjadi solusi bagi para orang tua yang kebingungan akan arti tangisan bayinya. Faktanya, suara tangisan bayi yang berbeda menunjukan sebab tangisan yang berbeda pula.  

Saya dapat informasi bahwa bayi itu memiliki bahasa yang dapat dimaknai atau diartikan oleh orang dewasa dan saat itu memang belum ada software yang berbasis Android untuk menerjemahkan tangisan bayi,”ujar wanita berkacamata tersebut.

Baca Juga: Mengenal Xenotransplantasi, Transplantasi Lintas Spesies yang Melawan Norma

Dalam mengembangkan Madzas, Medhanita Dwi Rinanti juga bekerjasama dengan ahli pediatrik dan ahli linguistik terpercaya untuk menguji keakuratan aplikasi ini. Ini ia lakukan agar kualitas madzas terjamin dengan baik.

Ahli pediatrik sendiri adalah dokter yang khusus menangani kelainan sendi, tulang, otot serta jaringan usia anak-anak dan remaja. Sedangkan ahli linguistik adalah orang yang menekuni ilmu bahasa melalui kajian ilmiah secara menyeluruh.

Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 100 ribu pengguna yang mengunduh madsaz. Ulasan yang diberikan pun cukup positif dan aplikasi ini terbukti bisa membantu orang tua untuk memahami arti tangisan bayi mereka.

Baca Juga: 4 Buku yang Wajib Kamu Bawa ke Sekolah, Masih Zaman Kah

Kedepannya, Medhanita juga berencana untuk menambahkan berbagai fitur tambahan seperti arahan cara merawat bayi hingga tips untuk menjaga kesehatan si kecil. 

Medhanita Dwi Rinanti sendiri adalah seorang wanita ketururnan Banyuwangi, Jawa Timur. Ia lahir pada tanggal 12 Mei 1990 dan memeluk agama Islam. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat