bdadinfo.com

2 Perkara yang Wajib Diwaspadai Jelang Ramadhan 2023 - News

2 perkara yang wajib diwaspadai menjelang Ramadhan 2023 (muslim.or.id)

- 2 perkara yang wajib diwaspadai menjelang Ramadhan 2023. Pasalnya, untuk persiapan menyambut Ramadhan, kita harus terlebih dahulu mensyukuri nikmat ditundanya ajal dan diberikan kesempatan untuk bertemu bulan Ramadhan. 

Imam Abu Bakr Az Zur’i rahimahullah memaparkan dua perkara yang wajib kita waspadai. Salah satunya kita tidak siap untuk menjalankannya. 

Ketidaksiapan tersebut salah satu bentuk meremehkan perintah. Akibatnya pun sangat besar, yaitu kelemahan untuk menjalankan kewajiban tersebut dan terhalang dari ridha-Nya. 

Baca Juga: Punya Budget Rp2 Jutaan? Simak 5 Rekomendasi HP Oppo Terbaik 2023 Buat Menemani Saat Ramadhan

Kedua dampak tersebut merupakan hukuman atas ketidaksiapan dalam menjalankan kewajiban yang telah nampak di depan mata.

Abu Bakr Az Zur’i mengutip firman Allah ta’ala berikut,

“Maka jika Allah mengembalikanmu kepada suatu golongan dari mereka, kemudian mereka meminta izin kepadamu untuk keluar (pergi berperang), Maka katakanlah: “Kamu tidak boleh keluar bersamaku selama-lamanya dan tidak boleh memerangi musuh bersamaku. Sesungguhnya kamu telah rela tidak pergi berperang kali yang pertama. karena itu duduklah bersama orang-orang yang tidak ikut berperang.” (At Taubah: 83).

Renungilah ayat di atas baik-baik! Ketahuilah, Allah ta’ala tidak menyukai keberangkatan mereka dan Dia lemahkan mereka, karena tidak ada persiapan dan niat mereka yang tidak lurus lagi. 

Baca Juga: 10 Makanan Khas Ramadhan yang Wajib Ada Saat Bulan Puasa, Harga Murah Meriah Mulai Rp2 Ribuan

Namun, bila seorang bersiap untuk menunaikan suatu amal dan ia bangkit menghadap Allah dengan kerelaan hati, maka Allah terlalu mulia untuk menolak hamba yang datang menghadap-Nya. 

Berhati-hatilah dari mengalami nasib menjadi orang yang tidak layak menjalankan perintah Allah ta’ala yang penuh berkah. 

Seringnya kita mengikuti hawa nafsu, akan menyebabkan kita tertimpa hukuman berupa tertutupnya hati dari hidayah.

Allah ta’ala berfirman “Dan (begitu pula) Kami memalingkan hati dan penglihatan mereka seperti mereka belum pernah beriman kepadanya (Al Quran) pada permulaannya, dan Kami biarkan mereka bergelimang dalam kesesatannya yang sangat.” (Al An’am: 110).

Oleh karena itu, kita harus menghindari ketidaksiapan yang dapat berbuah pahit dengan meremehkan perintah Allah dan akibatnya terhalang dari ridha-Nya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat