bdadinfo.com

Masih Bingung Beda Nasi Kapau dengan Nasi Padang? Si Sanduak Panjang dari Batok Kelapa Kunciannya - News

Nasi kapau vs nasi padang, apa perbedaannya.

- Nyaris tak ada yang tidak kenal dengan nasi padang dan nasi kapau. Keduanya adalah kuliner lezat kebanggaan ranah Minang. Popularitas keduanya sudah melanglang buana hampir ke seluruh Indonesia bahkan dunia.

Meski sudah dinikmati mayoritas orang, masih banyak yang belum paham perbedaan mendasar antara nasi kapau dan nasi padang.

Namun yang paling mencolok adalah keberadaan sanduak (sendok) panjang berbahan batok kelapa dalam pengambilan lauk pauk sebelum dihidangkan untuk konsumen nasi kapau.

Baca Juga: Bukan Nasi Padang! ini 6 Kuliner Khas Minangkabau Terenak, Favoritnya Warga Lokal

Sedangkan di penyajian nasi padang, sanduak panjang tidak dipakai sama sekali.

Jika ditilik lebih detail, setidaknya terdapat 5 perbedaan nasi kapau dengan nasi padang, sebagaimana diungkapkan antropolog Nusyirwan Effendi, yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas, serta Reno Andam Suri, penulis buku Rendang Traveler dan Rendang: Minang Legacy to the World.

Jadi nasi kapau vs nasi padang, berikut 5 perbedaanya:

1. Asal-usul penjualnya

Nasi kapau dijual oleh orang asli Kapau, sementara nasi padang tidak mutlak dari daerah tertentu di Padang.

Baca Juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kapau Asal Sumatera Barat

2. Menu Makanan
Jenis makanan yang dijual di lapau nasi kapau juga berbeda dengan yang ada di rumah makan padang. Ada beberapa lauk yang hanya bisa dijumpai di lapau nasi kapau, misalnya gulai tambusu, rendang ubi, ikan mas bertelur, dan gulai kapau.

3. Cita rasa makanan

Terdapat satu lauk nasi kapau yang memiliki cita rasa berbeda dengan yang dimiliki oleh nasi padang, yakni gulai kapau. Bahan dasarnya kol, nangka, dan kacang panjang. Kuah gulainya berwarna kuning, dan ada cita rasa sedikit asam.

4. Tata letak makanan

Penjual nasi padang biasanya menata lauk secara bertumpuk ke atas di etalase kaca. Sedangkan penjual nasi kapau meletakkan menu dagangannya secara bertingkat, dari atas ke bawah seperti tangga, pilihan lauknya diletakkan di atas meja besar di depan lapau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat