bdadinfo.com

Unik! Kuliner Hidden Gem Hidangan Minang di Ampera Sawah 9, Sumbar: Makannya di Tengah Tengah Kebun Sayur - News

Unik! Kuliner Hidden Gem Hidangan Minang di Ampera Sawah 9, Sumbar: Makannya di Tengah Tengah Kebun Sayur/ Youtube Herlina Basri


- Banyak wisatawan jika sedang berlibur atau berkunjung di satu daerah pasti akan mencicipi makanan khasnya.

Hingga rela mencari kuliner yang berada di lokasi terpelosok atau sering disebut 'Hidden Gem'. Seperti Rumah Makan Ampera Sawah 9 yang berada di Sumatera Barat (Sumbar).

Uniknya tempat makan ini berada di tengah-tengah kebun sayur, tepatnya di lokasi daerah Nagari Koto Laweh Kecamatan Sepuluh Koto Kabupaten Tanah Datar atau sekitar 6 km dari kota Padang Panjang.

Youtuber Herlina Basri mengunjungi tempat kuliner hidden gem di Sumbar ini, dilihat dari pantauan dalam video tersebut,restoran ini banyak menyajikan berbagai masakan Minang.

Saat host sampai di tempat makan tersebut disambut oleh karyawannya yang akrab di panggil Uni Novi dan langsung mengajak ke kebun sayur di samping rumah makan.

Baca Juga: Masih Bingung Beda Nasi Kapau dengan Nasi Padang? Si Sanduak Panjang dari Batok Kelapa Kunciannya

"Ini loh ngapain ya ke Kebun Sayur? Ternyata Uni Novi mau memanen terong yang dipakai untuk masakan di rumah makan ini. Wah bisa langsung dipetik di kebun yang mau sayuran habis makan pingin sayuran segar bisa langsung dipetikkan loh," kata sang Host.

Berbagai sayuran pun banyak ditanam seperti daun bawang, cabe,tomat,terong, brokoli, dan lainnya. Terlihat seorang bapak sedang membakar daging ayam dengan pemandangan kebun sayur yang indah.

"Viewnya cantik sekali dikelilingi oleh kebun sayuran ini di sekelilingnya terus pegunungan gitu dan udaranya di sini benar-benar sejuk sekali Nah ini udah Datuk chefnya di sini lagi ini membakar ayam wah bumbunya bumbu khas Minang," terang Hostnya.

Menurut pemilik restonya menu favorit yang biasa di pesan pengunjung adalah macho wajik seperti campuran antara ikan asin sambalado dengan cabe hijau atau merah. Kadang dinikmati besama terong atau tahu tempe.

Siapa sangka menurut pengakuan pemilik rumah makan Ampera Sawah 9, Uda Henry Z bahwa lahan tersebut merupakan warisan dari kakeknya yang telah berusia lebih dari 100 tahun.

Ia merupakan petani sekaligus pengusaha muda yang merintis lahannya menjadi perkebunan sayur yang indah dan ternyata rumah makan Ampera Sawah 9 pernah dipakai untuk syuting sinetron yang terkenal pada tahun 90 an di TVRI yang berjudul 'Sengsara Membawa Nikmat'.

Jika kalian sedang berkunjung ke Sumbar bolah dicoba untuk datang ke Rumah Makan Ampera Sawah 9, selain makanannya enak, kalian juga bisa melihat pemandangan yang memanjakan mata.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat