bdadinfo.com

Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh? Waspada 7 Penyakit Ini - News

Ilustrasi Batuk Anak (Pixabay)

- Batuk pada anak adalah suatu kondisi yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi virus atau bakteri, alergi, hingga asma.

Meskipun banyak kasus batuk pada anak dapat sembuh dengan sendirinya, ada beberapa kasus di mana batuk anak tidak kunjung sembuh.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mungkin menyebabkan batuk pada anak sulit sembuh:

Baca Juga: Disinggung Hubunganya Dengan Jokowi, Surya Paloh: Saya Orang Pertama yang Sakit Perut

1. Infeksi virus atau bakteri yang kronis
Batuk pada anak dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Namun, jika infeksi ini terjadi dalam waktu yang lama, maka kondisi batuk anak bisa menjadi kronis dan sulit sembuh.

Infeksi virus yang sering terjadi adalah flu, sedangkan infeksi bakteri seperti pneumonia atau bronkitis.

2. Asma
Asma adalah kondisi peradangan pada saluran napas yang menyebabkan sesak napas dan batuk kronis.

Baca Juga: Catat! Ed Sheeran Mengumumkan Akan Merilis Album Barunya di Bulan Mei Ini

Pada anak, gejala asma bisa berupa batuk yang terjadi di malam hari atau batuk yang terus menerus selama lebih dari dua minggu.

3. Alergi
Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap benda asing seperti serbuk sari, debu, atau makanan tertentu. Pada anak, alergi bisa menyebabkan batuk yang berlangsung lama.

4. Kondisi medis lainnya
Beberapa kondisi medis lainnya seperti sinusitis, gastroesophageal reflux disease (GERD), atau pertumbuhan abnormal pada paru-paru bisa menyebabkan batuk pada anak yang sulit sembuh.

5. Lingkungan yang tidak sehat
Lingkungan yang tidak sehat seperti polusi udara atau asap rokok juga bisa menyebabkan batuk pada anak yang sulit sembuh. Kondisi ini dapat memperburuk gejala batuk anak yang sudah ada.

6. Sistem kekebalan tubuh yang lemah
Sistem kekebalan tubuh yang lemah pada anak bisa menyebabkan batuk sulit sembuh. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kurang tidur, stres, atau pola makan yang tidak sehat.

7. Pengobatan yang salah atau tidak sesuai
Pengobatan yang salah atau tidak sesuai bisa memperburuk kondisi batuk anak. Beberapa obat batuk yang dijual bebas di apotek juga bisa memperparah gejala batuk pada anak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat